Pengembangan Model Pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) pada Pembelajaran IPA di SMP Perkebunan Kopi untuk Mengembangkan Keterapilan Metakognisi dan Hasil Belajar
Abstract
Indonesia merupakan negara berkembang yang berupaya meningkatkan
kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Pendidikan memiliki fungsi
dapat memberdayakan potensi manusia untuk mewariskan, mengembangkan, serta
membangun kebudayaan dan peradaban masa depan. Pendidikan berkulitas dapat
dilakukan melalui proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang
sesuai dengan karakteristik peserta didik di perkebunan kopi yang diharapkan
dapat memperdayakan keterampilan metakognisi dan hasil belajar IPA yaitu
model pembelajaran RDEW (Reading, Discussing, Experiencing, and Writing).
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran RDEW
(Reading, Discussing, Experiencing, and Writing) yang valid, efektif dan praktis
untuk mengembangkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan
tahap-tahap penelitian 4D yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu define, design,
develop, and dessiminate. Subjek penelitian pengembangan kelas VII siswa
SMP/MTs. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes
tulis, angket kuesioner serta pengisian lembar validasi. Analisis data kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan menggunakan data kuantitatif deskriptif.