Show simple item record

dc.contributor.authorSetyo Nugroho, DANANG
dc.date.accessioned2019-10-21T11:58:38Z
dc.date.available2019-10-21T11:58:38Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.nim140210302001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/xmlui/handle/123456789/93559
dc.description.abstractEmpati sejarah mengharuskan seseorang untuk melihat perbedaan antara kehidupan di masa sekarang dan di masa lalu dengan tetap menjaga kemungkinan bahwa perspektif masa lalu memegang beberapa validitas (Barton & Levstik, 2010:43). Jika diminta hanya untuk menerapkan logika atau alasan ketika menjelajahi tokoh-tokoh sejarah, maka siswa dirugikan ketika mencoba untuk memahami orang-orang yang dipengaruhi oleh kekhawatiran seperti kebanggaan, takut, cinta, benci, putus asa, atau keserakahan (Jason dan Sarah, 2013:44). Proses pembentukan koneksi afektif ke masa lalu memungkinkan siswa untuk melihat tokoh-tokoh sejarah sebagai manusia yang menghadapi pengalaman yang sangat menusiawi dan mengarah ke pemahaman yang lebih kaya daripada perspektif mengambil saja (Jason dan Sarah, 2013:44). Terutama pada pembelajaran sejarah, cara menampilkan empati sejarah siswa membutuhkan media yang mendukungnya dan disesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini. Kedudukan media memiliki posisi penting dalam proses pembelajaran sejarah. Media dapat menjadi alat komunikasi berfungsi sekaligus sumber belajar bagi peserta didik. Media sebagai alat komunikasi berfungsi untuk menyampaiakan pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima (Sadiman dkk, 2011:15). Pembelajaran sejarah memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu cara yang dilakukan agar proses pembelajaran menjadi kontekstual dan menarik. Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan memberikan beberapa keuntungan untuk meningkatkan kompetensi guru dan juga peserta didik (Puji, 2018:55).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAudio Visualen_US
dc.subjectFilm Pendeken_US
dc.subjectEmpati dan Hasil Belajar Sejarahen_US
dc.subjectKelas XI IPS 1en_US
dc.titlePengembangan Media Audio Visual Jenis Film Pendek Dalam Meningkatkan Empati dan Hasil Belajar Sejarah Menggunakan Model ASSUREen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record