Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Pemilihan Kata pada Karangan Siswa Kelas Vb SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Secara umum, bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional siswa. Bahasa juga merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan dan tertulis.
Berdasarkan hasil observasi awal dan hasil wawancara dengan Ibu Diana Permatasari, salah satu guru kelas Vb SDN Sumbersari 01 Jember pada 18 September 2018, dikatakan bahwa pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan keterampilan menulis, dalam hal menulis karangan masih terdapat kesalahan berbahasa siswa terutama dalam aspek pemilihan kata dan penggunaan ejaan. Penelitian ini memfokuskan pada salah satu keterampilan berbahasa yaitu menulis karangan.