dc.description.abstract | E-marketing adalah penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan pemasaran, dan proses untuk menciptakan komunikasi, mengirim dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat pada umumnya (Strauss & Frost, 2014). E-marketing menggambarkan usaha – usaha perusahaan untuk menginformasikan, berkomunikasi, mempromosikan dan memasarkan produk dan jasa melalui internet (Kotler & Amstrong, 2004). Pemilihan strategi e-marketing yang cocok dengan perusahaan serta mengetahui detail cara dan dampak penerapannya dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan (Hidayah, 2018).
KP-RI Universitas Jember merupakan salah satu koperasi berbadan hukum yang terdiri dari 3 unit usaha. Unit usaha KP-RI Universitas Jember antara lain Unit Simpan Pinjam, Unit Jasa dan Unit Toko. Untuk Unit Toko menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari – hari, baik produk konsumsi berupa beras, gula, minyak, mie instant, serta produk non – konsumsi seperti pakaian, sabun mandi, sabun cuci, kosmetik, dan lain – lain. Unit tersebut bukan hanya melayani kebutuhan para pengajar dan mahasiswa Universitas Jember, tetapi juga masyarakat pada umumnya. KP-RI Universitas Jember mempunyai website yang beralamatkan di www.kpriunej.com. Website tersebut berisi tentang profile dari KPRI dan juga info produk – produk yang disediakan oleh KPRI. Akan tetapi, website tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal. Seharusnya website tersebut dapat dimanfaatkan oleh Unit toko sebagai sarana e-marketing dengan mengelompokkan tampilan untuk masing – masing unit usaha yang ada di KPRI sehingga dapat membantu masing – masing unit usaha untuk memperkenalkan produknya terutama Unit Toko, tetapi hal tersebut tidak dilakukan. Maka dari itu, website pada KP-RI Universitas Jember
perlu dilakukan analisis agar dapat mengetahui strategi e-marketing yang efisien terutama pada Unit Toko yang pelayanannya adalah untuk anggota dan juga masyarakat umum.
Dalam penelitian ini menggunakan salah satu framework e-marketing yaitu Judy Strauss Framework yang akan diimplementasikan ke dalam proses bisnis KP-RI Universitas. Dilakukan analisis dengan matriks EFE & IFE, matriks I-E dan matriks QSPM. Dari hasil analisis tersebut diperoleh bahwa strategi marketing yang sesuai untuk KP-RI Universitas Jember adalah penetrasi pasar. Strategi ini dapat diwujudkan dalam bentuk mengadakan kegiatan promosi yang rutin, menggunakan e-marketing sebagai media pemasaran, penggunaan website yang terintegrasi dengan social media dan menggunakan website untuk proses operasional. | en_US |