Show simple item record

dc.contributor.authorNafisah, Arrika Wifqotu Lailin
dc.date.accessioned2019-10-21T06:21:21Z
dc.date.available2019-10-21T06:21:21Z
dc.date.issued2019-07-09
dc.identifier.nim150210102081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/xmlui/handle/123456789/93512
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia dalam usaha untuk memperoleh pengetahuan, pemahaman dan tingkah laku yang sesuai. Pembelajaran berbasis teknologi memberikan ruang kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan melalui berbagai sumber. Berdasarkan fakta yang telah dikumpulkan oleh peneliti melalui observasi laboratorium dan wawancara terbatas dengan guru fisika kelas X di SMA Negeri 1 Pakusari didapat bahwa proses pembelajaran fisika di kelas masih cenderung menggunakan metode ceramah dan latihan soal saja serta penggunaan kegiatan laboratorium yang jarang hanya dilakukan pada materi tertentu serta alat praktikum yang terbatas. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai PhET Simulations diharapkan dapat membuat siswa aktif dan dapat melatih siswa dalam merumuskan masalah, membuat hipotesis, melakukan eksperimen, mengumpulkan data, menginterpretasikan data, menjabarkan dan menulis teori dengan mematuhi kejujuran, sehingga mencerminkan kegiatan ilmiah. Selain itu, diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang lebih baik di SMAN 1 Pakusari mengingat kurangnya sarana dan prasarana di laboratorium fisika yang ada di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model inkuiri terbimbing disertai PhET Simulations terhadap keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan usaha dan energi. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari Jember. Penentuan daerah tempat penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling area. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan teknik undian. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 yang merupakan kelas kontrol dan siswa X IPA 5 merupakan kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan post test-only control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa post-test yang dilakukan di akhir pembelajaran. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis Independent Sample t-tets untuk data yang berdistribusi normal dan uji Mann-Whitney U Test untuk data yang berdistribusi tidak normal dengan bantuan program SPSS 24. Data yang diperoleh antara lain nilai rata-rata skor hasil tes keterampilan proses sains kelas eksperimen diperoleh sebesar 85, sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata diperoleh sebesar 74. Hasil analisis yang menggunakan Independent Sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 atau 0,000 ≤ 0,05 sesuai dengan pedoman pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil Ho ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima atau dengan kata lain model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai PhET Simulations pada materi usaha dan energi berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika SMA. Nilai rata-rata dari hasil belajar kognitif siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan PhET Simulations diperoleh sebesar 81 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 72 dengan menggunakan model pembelajaran secara langsung. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar kognitif siswa menggunakan uji Non Parametic Test – Mann Whitney U Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,024 maka nilai tersebut apabila menjadi Sig. (1-tailed) adalah 0,012 di bawah 0,05 yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan diantara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan yang berbeda, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan PhET simulations pada materi usaha dan energi berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar siswa SMA.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectEnergi Terhadap Hasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Phet Simulations Pada Materi Usaha Dan Energi Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record