Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Kelas V SDN Tegal Gede 01 Jember
Abstract
Kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 yaitu menggunakan
pendekatan tematik terpadu serta menekankan penilaian hasil belajar siswa
dengan tiga ranah secara holistik yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
Melalui pembelajaran tematik siswa memperoleh pengalaman langsung dan
terlatih untuk menemukan sendiri berbagai pengalaman secara holistik, bermakna,
autentik dan aktif. Sesuai dengan salinan lampiran Permendikbud no. 22 tahun
2016 pembelajaran tematik perlu diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/
penelitian (discovery/ inquiry learning). Pelaksanaan kurikulum 2013 di Jember
telah di terapkan di berbagai sekolah salah satunya adalah SDN Tegal Gede 01
Jember. Guru kelas V di SDN Tegal Gede 01 Jember masih menerapkan model
pembelajaran konvensional, sehingga hasil belajar yang diperoleh belum
maksimal. Peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Discovery pada
pembelajaran tema Peristiwa dalam Kehidupan untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh model pembelajaran Discovery terhadap hasil belajar.