Pengaruh Customers’ Experience terhadap Words of Mouth melalui Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervensi pada Wisatawan Bangsring Underwater Banyuwangi
Abstract
Kabupaten Banyuwangi adalah daerah yang terletak di ujung timur pulau
Jawa dengan berbagai keanekaragaman sumber daya alam yang dapat menjadi
pilihan tempat berwisata untuk melepas penat. Dikenal dengan sebutan sunrise of
java, Kabupaten Banyuwangi kini tak hanya dikenal dengan keindahan
pemandangan matahari terbitnya saja di pantainya, tetapi Banyuwangi juga telah
dikenal sebagai destinasi pariwisata yang ikonik di Jawa Timur bahkan Indonesia.
Bila dahulu pamor Banyuwangi harus bersaing dengan Bali, kini telah memiliki
berbagai destinasi unggulan dan menobatkan diri sebagai kota pariwisata. Dari
puluhan wisata bahari yang tersedia di kiblat pariwisata Indonesia ini, terdapat satu
destinasi wisata bahari yang menawarkan wisatawannya untuk berolahraga bawah
laut. Namun tidak hanya sekedar olahraga bawah laut biasa, di tempat ini wisatawan
ditawarkan dengan wisata rumah apung, snorkeling, diving, memberi makan ikan
liar di lautan, hingga berenang bersama anak ikan hiu. Wisata ini dikenal dengan
wisata Bangsring Underwater Banyuwangi yang terletak di Pantai Bangsring,
Wonsorejo, Kabupaten Banyuwangi yang hanya berjarak sekitar 27 kilometer dari
pusat kota Banyuwangi dimana tempat ini menjadi salah satu tempat favorit
wisatawan lokal maupun luar daerah khususnya bagi penggemar olahraga bawah
laut yang menawarkan pengalaman menarik dengan biaya yang rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh customers’
experience terhadap words of mouth melalui kepercayaan konsumen pada
wisatawan Bangsring Underwater Banyuwangi. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 84 responden yang pernah
berkunjung ke objek wisata Bangsring Underwater Banyuwangi dengan jumlah
kunjungan sebanyak – banyaknya. Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan variabel variabel customers’
experience terhadap variabel words of mouth melalui variabel kepercayaan
konsumen. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan
sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari
jawaban responden dengan menyebar kuesioner dan melakukan wawancara kepada
sampel konsumen objek wisata Bangsring Underwater Banyuwangi. Sumber data
sekunder diperoleh melalui kegiatan studi pustaka dengan literatur yang
mendukung penelitian ini, seperti jurnal ilmiah, buku, artikel, dan internet. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang digunakan yaitu customers’
experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap words of mouth melalui
kepercayaan konsumen pada wisatawan Bangsring Underwater Banyuwangi.