Proses Berpikir Ranah Kognitif Siswa Peraih Prestasi Non Akademik Dibidang Bridge Berdasarkan Gender Dalam Menyelesaikan Masalah Peluang
Abstract
Proses berpikir merupakan proses kognitif yang menghasilkan ide atau
pengetahuan dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan taksonomi
bloom revisi ranah kognitif yang meliputi C1 (Mengingat), C2 (Mehamai), C3
(Mengaplikasi), C4 (Menganalisis), C5 (Menevaluasi), C6 (Menciptakan).
Masalah peluang adalah konsep matematika yang mempelajari kemungkinan
suatu kejadian yang akan atau telah terjadi pada soal cerita. Siswa peraih prestasi
non akademik merupakan suatu prestasi yang tidak dapat diukur dan dinilai
menggunakan angka, namun menggunakan kemampuan dan bakat pada bidang
tertentu. Prestasi non akademik bridge merupakan permainan menggunakan 52
lembar kartu remi tanpa joker yang dimainkan oleh 4 orang secara berpasangan
dengan mengandalkan kemampuan bermain dan keberuntungan.