dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya: (1) menghasilkan produk E-Modul Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tulungrejo yang tervalidasi ahli, dan (2) Menghasilkan produk berupa E-Modul Toleransi Antar Umat Beragama
di Desa Tulungrejo yang efektif digunakan sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA untuk meningkatkan pengetahuan mengenai materi Sejarah Lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau reseach and development, yang menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai alur tahapan penelitian. Pengumpulan data penelitian digunakan beberapa teknik, diantaranya: (1) dokumentasi, (2) observasi, (3) kuisioner/ angket, (4) wawancara, dan (5) tes. Subjek penelitian ini melibatkan pendidik mata pelajaran Sejarah dan 40 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Genteng. Analisis data dalam penelitian ini, digunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dihasilkan, kemudian divalidasi ahli, diuji cobakan pada pengguna, dan dianalisis menggunakan uji T pada SPSS V.22 kemudian dihitung tingkat efektivitasnya dengan rumus n-gain Archambault. Hasil validasi ahli materi, bahasa, dan desain berturut-turut menunjukkan: (1) nilai 77% berkategori “Baik”, (2) nilai 92% berkategori “Sangat Baik”, dan (3) nilai 90% berkategori “Sangat Baik”. Hasil uji perorangan pada pendidik mendapatkan nilai 82,22% berkategori “Baik”. Hasil uji coba perorangan pada peserta didik menunjukkan tingkat efektivitas dengan nilai 66,66 berkategori “Sedang”, hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan tingkat efektivitas dengan nilai 68,93 berkategori “Sedang”dan hasil uji coba lapangan menunjukkan tingkat efektivitas dengan nilai 75,56 berkategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan: (1) E-Modul Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tulungrejo telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran Sejarah untuk kelas XI SMA dan (2) E-Modul Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tulungrejo efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap materi Sejarah Lokal sebagai bagian dari kompetensi mata pelajaran Sejarah Indonesia. Rekomendasi bagi pendidik diharapkan pendidik dapat menciptakan berbagai suasana belajar yang kreatif dan inovatif dengan menggunakan produk e-modul Sejarah Lokal ini. Sedangkan peserta didik dapat menggunakan e-modul ini secara mandiri walaupun tanpa pendidik. | en_US |