• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul Sejarah Lokal Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tulungrejo dengan Model Addie

    Thumbnail
    View/Open
    Ninik Anggraeini - 150210302087_.pdf (4.687Mb)
    Date
    2019-10-10
    Author
    ANGGRAEINI, Ninik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya: (1) menghasilkan produk E-Modul Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tulungrejo yang tervalidasi ahli, dan (2) Menghasilkan produk berupa E-Modul Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tulungrejo yang efektif digunakan sebagai sumber belajar peserta didik kelas XI SMA untuk meningkatkan pengetahuan mengenai materi Sejarah Lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau reseach and development, yang menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai alur tahapan penelitian. Pengumpulan data penelitian digunakan beberapa teknik, diantaranya: (1) dokumentasi, (2) observasi, (3) kuisioner/ angket, (4) wawancara, dan (5) tes. Subjek penelitian ini melibatkan pendidik mata pelajaran Sejarah dan 40 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Genteng. Analisis data dalam penelitian ini, digunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dihasilkan, kemudian divalidasi ahli, diuji cobakan pada pengguna, dan dianalisis menggunakan uji T pada SPSS V.22 kemudian dihitung tingkat efektivitasnya dengan rumus n-gain Archambault. Hasil validasi ahli materi, bahasa, dan desain berturut-turut menunjukkan: (1) nilai 77% berkategori “Baik”, (2) nilai 92% berkategori “Sangat Baik”, dan (3) nilai 90% berkategori “Sangat Baik”. Hasil uji perorangan pada pendidik mendapatkan nilai 82,22% berkategori “Baik”. Hasil uji coba perorangan pada peserta didik menunjukkan tingkat efektivitas dengan nilai 66,66 berkategori “Sedang”, hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan tingkat efektivitas dengan nilai 68,93 berkategori “Sedang”dan hasil uji coba lapangan menunjukkan tingkat efektivitas dengan nilai 75,56 berkategori “Tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan: (1) E-Modul Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tulungrejo telah tervalidasi ahli dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran Sejarah untuk kelas XI SMA dan (2) E-Modul Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tulungrejo efektif dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap materi Sejarah Lokal sebagai bagian dari kompetensi mata pelajaran Sejarah Indonesia. Rekomendasi bagi pendidik diharapkan pendidik dapat menciptakan berbagai suasana belajar yang kreatif dan inovatif dengan menggunakan produk e-modul Sejarah Lokal ini. Sedangkan peserta didik dapat menggunakan e-modul ini secara mandiri walaupun tanpa pendidik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93343
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository