• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pola Komunikasi Keluarga Dengan Perilaku Seksual Berisiko Pada Remaja Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Livia Dwi Ramadhani -152310101130_.pdf (3.279Mb)
    Date
    2019-10-09
    Author
    RAMADHANI, Livia Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Desain penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampling menggunakan nonprobability sampling yaitu convenience sampling dan didapatkan 53 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner pola komunikasi keluarga dan Adolescents Reproductive Health (ARH) digunakan untuk mengukur perilaku Seksual berisiko. Uji one sample kolmogorov-smirnov digunakan dalam penelitian ini untuk mengestimasi pola komunikasi keluarga dan perilaku seksual berisiko pada remaja tunarungu. Analisis hubungan antara pola komunikasi keluarga dan perilaku seksual berisiko menggunakan uji spearman rank dengan tingkat signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi remaja tunarungu di Sekolah Luar Biasa Kecamatan Patrang Kabupaten Jember pola komunikasi keluarga disfungsional (Z=1,308;p-value 0,001). Perilaku seksual berisiko menunjukan perilaku seksual berisiko tinggi (Z=1,463;p-value 0,001). Berdasarkan hasil uji bivariat ada hubungan antara pola komunikasi keluarga dengan perilaku seksual pada remaja tunarungu di Sekolah Luar Biasa Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Semakin fungsional pola komunikasi keluarga maka perilaku seksual berisiko pada remaja tunarungu semakin menurun (𝑟 = -0,301;p value= 0,029). Perilaku seksual berisiko pada remaja dapat dicegah oleh keluarga melalui pelaksanaan struktur keluarga terkait pola komunikasi (Friedman, 2010). Hal ini menunjukkan bahwa remaja disabilitas salah satunya tunarungu merupakan mahkluk seksual yang membutuhkan arahan dalam berperilaku seksual melalui keluarga terutama dengan komunikasi antara orangtua-remaja agar terhindari dari perilaku seksual berisiko. Oleh karena itu di butuhkan pendidikan seksual dan reproduksi pada remaja tunarungu di sekolah mengunakan metode yang tepat untuk remaja tunarungu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93233
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1608]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository