Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Tema Cita-citaku pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Gudang Situbondo
Abstract
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab 4,
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media gambar terhadap hasil
belajar tema cita-citaku pada siswa kelas IV di SDN 1 Gudang Situbondo. Hal
tersebut dapat dilihat dari selisih nilai sebelum dan setelah perlakuan tema cita-citaku
menggunakan uji-t pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil perhitungan uji-t pada
ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik secara berturut-turut adalah 3,825; 3,537;
dan 2,943. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga hipotesis
alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Hasil perhitungan uji ER
menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan
media gambar pada ranah kognitif memiliki tingkat keefektifan relatif sebesar
12,17% dengan kategori sangat rendah, pada ranah afektif memiliki tingkat
keefektifan relatif sebesar 47% dengan kategori sedang, dan pada ranah psikomotorik
memiliki tingkat keefektifan relatif sebesar 43% dengan kategori sedang.