Show simple item record

dc.contributor.advisorKARTINI, Titin
dc.contributor.advisorKANTUN, Sri
dc.contributor.authorROSYIDAH
dc.date.accessioned2019-10-08T06:32:54Z
dc.date.available2019-10-08T06:32:54Z
dc.date.issued2019-10-05
dc.identifier.nim150210301049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93187
dc.description.abstractProses pembelajaran merupakan kegiatan yang melibatkan interaksi aktif antara guru dan siswa untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan tercapai apabila terjadi perubahan perilaku positif pada siswa setelah kegiatan belajar berlangsung. Salah satu perubahan perilaku positif selama proses pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah media pembelajaran yang digunakan guru pada materi sebelumnya adalah media visual seperti: powerpoint berupa tulisan-tulisan dan papan tulis serta seringkali menggunakan metode tugas dan ceramah. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan perbaikan dengan penggunaan media Edmodo untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari kategori sedang ke kategori tinggi dengan skor rata-rata masing-masing 2,88 dan 3,70 pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 82,22 dengan ketuntasan klasikal 82,35% meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata siswa sebesar 88,12 dengan ketuntasan klasikal 91,18%. Selain itu, proses pembelajaran menggunakan media Edmodo berjalan dengan baik dan kondusif sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran (RPP) yang dirumuskan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Edmodo dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran akuntansi kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Jember agar media Edmodo dapat dijadikan alternatif penggunaan media dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya pada kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia edmodoen_US
dc.subjectMotivasi belajaren_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePenggunaan Media Edmodo untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record