Penggunaan Media Edmodo untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang melibatkan interaksi aktif
antara guru dan siswa untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Tujuan
pembelajaran akan tercapai apabila terjadi perubahan perilaku positif pada siswa
setelah kegiatan belajar berlangsung. Salah satu perubahan perilaku positif selama
proses pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar
siswa. Motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember
masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah media pembelajaran yang
digunakan guru pada materi sebelumnya adalah media visual seperti: powerpoint
berupa tulisan-tulisan dan papan tulis serta seringkali menggunakan metode tugas
dan ceramah. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan perbaikan dengan
penggunaan media Edmodo untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi
dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun
ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus. Setiap
siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi. Satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan
dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan
memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari
kategori sedang ke kategori tinggi dengan skor rata-rata masing-masing 2,88 dan
3,70 pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan
peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 82,22 dengan ketuntasan
klasikal 82,35% meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata siswa sebesar
88,12 dengan ketuntasan klasikal 91,18%. Selain itu, proses pembelajaran
menggunakan media Edmodo berjalan dengan baik dan kondusif sesuai dengan
rencana perbaikan pembelajaran (RPP) yang dirumuskan sebelumnya.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan
media Edmodo dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK
3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar
mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran
2018/2019. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran akuntansi kelas XI
Akuntansi SMK Negeri 1 Jember agar media Edmodo dapat dijadikan alternatif
penggunaan media dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa khususnya pada kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian
perusahaan dagang.