Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee
Abstract
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah peneliti jelaskan
maka dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian regresi linier sederhana atas
pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian pada marketplace
Shopee menunjukkan hubungan yang positif signifikan. Online customer review
menjadi salah satu dasar pertimbangan keputusan pembelian yang dilakukan oleh
responden ketika berbelanja online di Shopee. Ketika ulasan pada suatu produk
dinyatakan dengan ulasan positif, maka mayoritas responden tidak merasa ragu
untuk membeli produk tersebut. Hal ini berbeda ketika terdapat ulasan negatif yang
terdapat pada suatu produk. Mayoritas responden akan mengurungkan niat membeli
produk yang memiliki ulasan yang negatif dan mencari alternatif produk sejenis
yang memiliki ulasan positif. hal ini membuktikan bahwa online customer review
dapat mempengaruhi konsumen melakukan keputusan pembelian pada marketplace
Shopee.