Pengembangan Media Buku Cerita “Jojo Berani ke Toilet” dalam Pembelajaran Toilet Training pada Anak Usia Dini
Abstract
Pembelajaran toilet training di lembaga PAUD merupakan hal penting yang
harus diajarkan kepada anak. Selama ini pada kenyataannya pembelajaran toilet
training di lembaga PAUD masih belum dilakukan dengan menggunakan media
pengantar dan hanya dilakukan secara verbal. Biasanya pembelajaran toilet training
dilakukan secara langsung seperti ketika anak ingin BAK atau BAB diantar
langsung ke kamar mandi dan diajari bagaimana caranya melepas celana, menyiram
dan sebagainya, tidak semua anak bisa berinisiatif berkata kepada gurunya ingin
BAK. Berdasarkan kenyataan diatas perlu adanya media pengantar untuk
pengetahuan anak tentang toilet training seperti buku, karena masih kurangnya
buku tentang toilet training untuk anak usia dini. Buku digunakan sebagai
pengantar karena anak-anak masih suka mendengarkan buku yang dibacakan
berulang-ulang dan suka melihat gambar-gambar yang bisa membantu
pembentukan pola pikirnya. Peneliti mengembangan media buku cerita berjenis
peek a boo yaitu buku yang dibalik halaman bukunya memberikan kejutan.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan dan
efektivitas media buku cerita “Jojo Berani ke Toilet” dalam Pembelajaran Toilet
Training pada Anak Usia Dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
proses pengembangan dan efektivitas media buku cerita “Jojo Berani ke Toilet”
dalam pembelajaran toilet training.