dc.description.abstract | Pendidikan karakter merupakan upaya penanaman nilai-nilai karakter pada
peserta didik guna membangun kepribadian individu atau kelompok untuk
menjadi pribadi yang lebih baik. Dunia pendidikan menjadi sarana penanaman
nilai-nilai karakter yang baik bagi peserta didik, selain ada proses pembelajaran
tentang ilmu pengetahuan disana juga mengembangkan nilai-nilai karakter. Di
lingkungan sekolah guru harus mampu memberi contoh perilaku yang baik bagi
peserta didiknya, terlebih untuk usia sekolah dasar peserta didik suka meniru apa
yang mereka lihat. Zaman semakin moderen seperti ini tetapi masih banyak
perilaku generasi muda yang tidak baik atau memiliki karakter yang kurang
terpuji. Mereka lupa dengan etika, moral dan budi pekerti yang baik. Misalkan
yang sering kita jumpai yaitu sikap hormat kepada guru dan orang tua yang
semakin rendah, menertawakan temannya ketika salah dalam menjawab
pertanyaan gurunya, menyontek ketika ujian, membuang sampah tidak pada
tempatnya, dan banyak perilaku negatif lainnya. Penanaman nilai karakter yang
ada disekolah terlihat masih kurang. Hal ini dapat dilihat dalam dunia pendidikan
yang semakin menurun. Rumuan masalah dalam penelitian ini yaitu “Berapakah
muatan nilai-nilai karakter religius, jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
tanggung jawab yang ada dibacaan dalam buku siswa kelas III tema
perkembangan teknologi revisi tahun 2018?”
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini
yang diambil adalah muatan nilai-nilai karakter yang termuat dalam teks bacaan
yang ada disetiap pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku
tematik terpadu kurikulum 2013 tema perkembangan teknologi edisi revisi 2018
untuk kelas III SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terdiri atas tiga tahap, yaitu
tahap pereduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan
pengamatan terhadap buku siswa kurikulum 2013 edisi terbaru 2018 kelas III
tema perkembangan teknologi. Hasil analisis yang dipaparkan yaitu jumlah nilai
karakter yang ditemukan sebanyak 52 muatan nilai karakter. Jumlah tersebut
merupakan akumulasi dari empat sub tema yang ada didalam buku siswa tersebut.
Adapun rincian jumlah setiap karakter yaitu: (1) religius berjumlah 9 muatan; (2)
jujur berjumlah 2 muatan; (3) disiplin berjumlah 4 muatan; (4) santun berjumlah
17 muatan; (5) percaya diri berjumlah 8 muatan; (6) peduli berjumlah 4 muatan;
(7) tanggung jawab berjumlah 8 muatan. Hasil penelitian mengetahui bahwa
untuk mengembangkan nilai karakter tidak hanya pada kegiatan pembelajaran saja
tetapi dengan teks bacaan yang ada di buku siswa juga bisa untuk
mengembangkan nilai karakter peserta didik. Dengan demikian guru bisa
menambah variasi untuk mengembangkan nilai karakter.
Berdasarakan hasil analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa
kelas III tema perkembangan teknologi dapat disimpulkan bahwa termuat tujuh
nilai karakter yang sesuai dengan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan
No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Ketujuh
nilai karakter tersebut yaitu nilai religius, jujur, disiplin, santun, percaya diri,
peduli dan tanggung jawab.
Saran yang didapat setelah melakukan penelitian, menemukan hasil dan
pembahasan adalah (1) Bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
referensi dan variasi guru untuk mengembangkan nilai-nilai karakter pada saat
pembelajaran dikelas. (2) Bagi kepala sekolah, penelitian ini dapat dijadikan
sebagai sumber alternatif untuk mengembangkan nilai-nilai karakter disekolah.
(3) Bagi penulis buku siswa, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan
dalam pembuatan buku siswa selanjutnya, sehingga nilai karakter yang jarang
muncul bisa lebih dimunculkan. (4) Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat
dijadikan sebeagai referensi untuk menganalisis muatan nilai-nilai karakter pada
tema-tema yang lain, sehingga nilai-nilai karakter yang dikembangkan dapat
teridentifikasi dengan jelas. | en_US |