• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas III Tema Perkembangan Teknologi Revisi Tahun 2018 SD

    Thumbnail
    View/Open
    Moh Ariezal Fahma-150210204150.pdf (3.059Mb)
    Date
    2019-10-01
    Author
    FAHMA, Moh Ariezal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan karakter merupakan upaya penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik guna membangun kepribadian individu atau kelompok untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dunia pendidikan menjadi sarana penanaman nilai-nilai karakter yang baik bagi peserta didik, selain ada proses pembelajaran tentang ilmu pengetahuan disana juga mengembangkan nilai-nilai karakter. Di lingkungan sekolah guru harus mampu memberi contoh perilaku yang baik bagi peserta didiknya, terlebih untuk usia sekolah dasar peserta didik suka meniru apa yang mereka lihat. Zaman semakin moderen seperti ini tetapi masih banyak perilaku generasi muda yang tidak baik atau memiliki karakter yang kurang terpuji. Mereka lupa dengan etika, moral dan budi pekerti yang baik. Misalkan yang sering kita jumpai yaitu sikap hormat kepada guru dan orang tua yang semakin rendah, menertawakan temannya ketika salah dalam menjawab pertanyaan gurunya, menyontek ketika ujian, membuang sampah tidak pada tempatnya, dan banyak perilaku negatif lainnya. Penanaman nilai karakter yang ada disekolah terlihat masih kurang. Hal ini dapat dilihat dalam dunia pendidikan yang semakin menurun. Rumuan masalah dalam penelitian ini yaitu “Berapakah muatan nilai-nilai karakter religius, jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan tanggung jawab yang ada dibacaan dalam buku siswa kelas III tema perkembangan teknologi revisi tahun 2018?” Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini yang diambil adalah muatan nilai-nilai karakter yang termuat dalam teks bacaan yang ada disetiap pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku tematik terpadu kurikulum 2013 tema perkembangan teknologi edisi revisi 2018 untuk kelas III SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap pereduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pengamatan terhadap buku siswa kurikulum 2013 edisi terbaru 2018 kelas III tema perkembangan teknologi. Hasil analisis yang dipaparkan yaitu jumlah nilai karakter yang ditemukan sebanyak 52 muatan nilai karakter. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari empat sub tema yang ada didalam buku siswa tersebut. Adapun rincian jumlah setiap karakter yaitu: (1) religius berjumlah 9 muatan; (2) jujur berjumlah 2 muatan; (3) disiplin berjumlah 4 muatan; (4) santun berjumlah 17 muatan; (5) percaya diri berjumlah 8 muatan; (6) peduli berjumlah 4 muatan; (7) tanggung jawab berjumlah 8 muatan. Hasil penelitian mengetahui bahwa untuk mengembangkan nilai karakter tidak hanya pada kegiatan pembelajaran saja tetapi dengan teks bacaan yang ada di buku siswa juga bisa untuk mengembangkan nilai karakter peserta didik. Dengan demikian guru bisa menambah variasi untuk mengembangkan nilai karakter. Berdasarakan hasil analisis muatan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas III tema perkembangan teknologi dapat disimpulkan bahwa termuat tujuh nilai karakter yang sesuai dengan Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Ketujuh nilai karakter tersebut yaitu nilai religius, jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli dan tanggung jawab. Saran yang didapat setelah melakukan penelitian, menemukan hasil dan pembahasan adalah (1) Bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dan variasi guru untuk mengembangkan nilai-nilai karakter pada saat pembelajaran dikelas. (2) Bagi kepala sekolah, penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber alternatif untuk mengembangkan nilai-nilai karakter disekolah. (3) Bagi penulis buku siswa, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan dalam pembuatan buku siswa selanjutnya, sehingga nilai karakter yang jarang muncul bisa lebih dimunculkan. (4) Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebeagai referensi untuk menganalisis muatan nilai-nilai karakter pada tema-tema yang lain, sehingga nilai-nilai karakter yang dikembangkan dapat teridentifikasi dengan jelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93007
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository