Pengaruh Media Kokami Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema “Indahnya Keragaman di Negeriku” Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember
Abstract
Jenis penelitian  yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola 
Intact Group Comparison. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu 
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa 
beda nilai posttest ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada kelas eksperimen 
dan kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan 
menggunakan teknik random sampling (acak) dengan hasil kelas IVA ditetapkan 
sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB ditetapkan sebagai kelas kontrol. 
Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, peneliti terlebih dahulu 
melakukan uji homogenitas untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan 
awal siswa sebelum diberikan perlakuan. Uji homogenitas dilakukan 
menggunakan nilai tengah semester gasal siswa kelas IVA dan IVB. Berdasarkan 
hasil uji homogenitas dengan uji-t diperoleh hasil t0 sebesar 0,301. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui db = (35 + 35) – 2 = 68 pada 
taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,671. Berdasarkan hasil 
tersebut dapat diketahui bahwa hasil t0 < ttabel (0,301 < 1,671), sehingga keadaan 
kedua kelas sebelum diadakan penelitian adalah homogen.  
Data yang dianalisis yaitu berupa beda nilai posttest pada kelas 
eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil 
perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel pada taraf 
signifikansi 5% atau taraf kepercayaan 0,95 dengan db = 68, sehingga diperoleh 
nilai ttabel yaitu 1,671. Hasil perhitungan uji-t pada ranah kognitif yaitu thitung > t 
tabel (3,831 > 1,671), pada ranah afektif yaitu thitung > ttabel (2,498 > 1,671), dan 
pada ranah psikomotorik yaitu thitung > ttabel (3,987 > 1,671), sehingga hipotesis 
alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak.  
Selanjutnya, dilakukan perhitungan uji keefektifan relatif (ER) untuk 
mengetahui keefektifan dari pengaruh media Kokami pada saat pembelajaran. 
Hasil perhitungan uji keefektifan relatif (ER) menunjukkan bahwa media Kokami 
pada ranah kognitif memiliki tingkat keefektifan 10% dengan kategori sangat 
rendah, pada ranah afektif tingkat memiliki keefektifan 7,59% dengan kategori 
sangat rendah, dan pada ranah psikomotorik memiliki tingkat keefektifan 15% 
dengan kategori sangat rendah.  
Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa 
pencapaian hasil belajar siswa kelas eksperimen (IVA) yang pada saat 
pembelajaran menggunakan media Kokami lebih baik dibandingkan dengan kelas 
kontrol (IVB) yang tidak menggunakan media Kokami pada saat pembelajaran. 
Media Kokami diharapkan menjadi alternatif media yang inovatif bagi guru dan 
dapat dijadikan bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya.
