Show simple item record

dc.contributor.advisorS.Pd., Dr.Supeno M.Si
dc.contributor.advisorBektiarso, Drs. Singgih M.Pd
dc.contributor.authorMUNAWAROH, Aminatul
dc.date.accessioned2019-09-20T06:07:05Z
dc.date.available2019-09-20T06:07:05Z
dc.date.issued2019-09-20
dc.identifier.nimNIM140210102060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92890
dc.description.abstractPengembangan Pocketbook Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA; Aminatul Munawaroh, 140210102060; 2018: 51 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan berinovasi dalam pembelajaran, salah satu inovasi pembelajaran adalah pengembangan media pembelajaran. Menurut NEA (National Education Association) dalam Wahyuni (2015) bahwa kemampuan berpikir kritis penting dilatih untuk membantu siswa dalam mengembangkan bakatnya, melatih konsentrasi, dan memfokuskan permasalahan serta berpikir analitik. Salah satu media pembelajaran yang sering dipakai untuk meminimalisir rendahnya minat siswa membawa buku ke sekolah adalah pengembangan media pocketbook. Namun dibalik penggunaannya yang efisien/praktis terdapat beberapa kelemahan, yaitu mudah hilang dan mudah rusak karena pocketbook yang manual berupa media cetak berukuran kecil sehingga mudah terselip dan bahannya masih menggunakan kertas. Perkembangan elearning memicu terciptanya media pembelajaran sehingga dengan media pembelajaran diharapkan mampu menarik minat belajar siswa, dan mendapatkan respon positif serta memfasilitasi pemecahan masalah. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi mobile atau mobile learning (M-Learning) seperti pada laptop, telepon seluler/smartphone, gadget/tablet PC. Mobile learning muncul karena tuntutan pemanfaatan teknologi berupa mobile yang lebih banyak produksinya dan harganya lebih terjangkau dari pada laptop, gadget dan PC. Android sudah menjadi platform sistem operasi smartphone yang semakin populer dan banyak digemari hampir di semua kalangan masyarakat karena selain berguna sebagai alat komunikasi juga terdapat banyak manfaat aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalamnya. data dari IDC (International Data Corporation) pada periode I tahun 2017 (2017Q1) persentase peringkat pertama sebesar 85% market share smartphone di seluruh dunia adalah android, lalu peringkat kedua sebesar 14,7 % adalah iphone operating system ix (IOS), kemudian disusul peringkat tiga dan empat masing-masing 0,1% dan 0,1% market share yang diduduki oleh windows phone dan others (lainnya) (IDC, 2017). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengakaji validitas, kepraktisan dan efektifitas pocketbook berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian menurut Nieveen yang meliputi preliminary research, prototyping stage, dan assesment stage. Tahap preliminary research dilakukan studi pendahuluan mencakup informasi yang dikumpulkan tentang pembelajaran yang berkaitan dengan rencana dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dan juga dilakukan proses analisis kebutuhan untuk melihat kurikulum yang digunakan disekolah untuk memenuhi kompetensi yang harus dimiliki siswa. Hasil data yang diperoleh selanjutnya menjadi dasar dalam penyusunan pocketbook berbasis android. Tahap prototyping stage (tahap perancangan) dimulai dengan perancangan produk yang dikembangkan berupa pocketbook berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa beserta perangkat pendukung berupa RPP, dan instrumen penilaian kualitas produk.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210102060;
dc.subjectPocketbook Berbasis Androiden_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectSiswa SMAen_US
dc.titlePengembangan Pocketbook Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record