Pengelolaan Arsip Surat Masuk pada Bagian Kesekretariatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember
Abstract
Berdasarkan kegiatan – kegiatan dan pengamatan secara langsung yang
telah dilakukan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember,
terdapat beberapa hal yang dapat disimpulkan, yaitu:
1. Kegiatan praktek kerja nyata dilaksanakan sejak tanggal 07 Januari – 15 Februari
2019, pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember,
kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan teori yang telah diterima selama studi
dengan praktek kerja yang sesungguhnya, khususnya dalam hal studi
Kesekretariatan. Dalam praktek kerja nyata ini dilakukan dengan cara membantu
dan mengikui aktivitas kerja pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.
2. Dalam mengagendakan surat masuk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
masih menggunakan sistem manual yaitu dengan cara ditulis;
3. Pengelolaan surat masuk, setiap surat yang diterima akan ditangani langsung oleh
Sekretariat, surat yang masuk akan dicatat pada buku agenda surat masuk tertulis,
kemudian diberikan lembar disposisi satu rangkap. Pemberian lembar disposisi
dilakukan setelah surat dibaca dan dicatat pada buku agenda surat masuk, setelah
itu surat akan didisposisi oleh Sekretaris Dinas dan Kepala Dinas. Setelah
mendapatkan disposisi surat akan kembali lagi pada sekretariat dan digandakan
satu untuk diarsipkan dan satu lagi untuk diberikan kepada bidang atau tujuan
pada surat.
4. Penyimpanan arsip pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten
Jember dilakukan dengan menggunakan sistem penyimpanan arsip berdasarkan
subjek atau pokok permasalahan. Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan
Desa penyimpanan arsip menggunakan sistem penyimpanan kombinasi
sentralisasi dan desentralisasi jadi untuk arsip per bidang ada pada bidangnya
masing-masing tetapi khusus untuk arsip surat baik surat masuk atau surat keluar
terdapat pada Sekretariat, jadi untuk surat yang menangani hanya Sekretariat.
68
69
5. Tata cara penyimpanan arsip pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
masih belum sesuai prosedur penyimpanan Ruang penyimpanan arsip masih
bercampur dengan ruang kerja pegawai, Sehingga berpengaruh pada penemuan
kembali arsip yang tidak cepat.
6. Permasalahan yang terjadi terkait dengan Pengelolaan Arsip Surat Masuk pada
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember, merupakan
permasalahan yang sering terjadi pada kegiatan kearsipan pada umumnya, seperti
arsip yang hilang, kurang tempat penyimpanan dan lain – lain namun,
permasalahan tersebut dapat teratasi apabila kita memberikan solusi yang lebih
baik agar permasalahan tersebut dapat teratasi dan tidak terulang untuk tahun
yang akan datang.