Pengaruh Brand Image, Trust dan Customer Value Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Pengiriman PT. J&T Express di Kabupaten Jember
Abstract
PT. J&T Express merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa
pengiriman barang dan dokumen yangluas wilayah kantor pengiriman tersebar di
seluruh Indonesia. Berkembangnya perdagangan saat ini dipengaruhi oleh
lahirnya jasa pengiriman barang yang telah membantu para pedagang atau mitra
dagang untuk mendistribusikan kepada pembeli tanpa harus terkendala oleh jarak.
PT. J&T Express berdiri sejak tahun 2015, saat ini melayani pengiriman barang
atau dokumen dalam negeri. Jaringan yang luas dengan kantor perwakilan cabang
di seluruh Indonesia, waktu pengiriman tepat waktu dan layanan yang
professional telah membantu dalam pendistribusian produk dan meningkatkan
daya saing perusahaan, termasuk PT. J&T Express cabang Jember Jl.Sumatra No.
75 A, Sumbersari.
Penelitian ini mengunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang
di sebarkan kepada konsumen. Konsumen pada penelitian ini 105 responden.
Metode pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling yaitu
penentuan sampel dilakukan dengan sengaja, dengan catatan bahwa sampel
tersebut representatif atau mewakili populasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial brand Image , trus,
dan customer value memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen PT. J&T Express cabang Jember dengan arah positif. Variabel yang
paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen adalah variabel customer
value. Hal ini menunjukkan bahwa untuk menghasilkan kepuasan konsumen yang
baik, customer value harus baik.