PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, SWITCHING COST DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA GO-JEK DI JEMBER
Abstract
Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke
tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan. Kebutuhan hidup
yang tidak hanya dapat terpenuhi di satu tempat menyebabkan masyarakat
sangat membutuhkan transportasi untuk memudahkan dalam melakukan
aktivitas sehari-hari. Bagi masyarakat Indonesia transportasi sangat
bermanfaat, hal ini disebabkan karena faktor keadaan geografis Indonesia yang
terdiri dari ribuan pulau kecil dan besar, perairan yang terdiri dari laut, sungai
dan danau. Penggunaan transportasi bermanfaat untuk memperlancar proses
pembangunan pada sektor ekonomi, teknologi, kesehatan, pendidikan dan
budaya untuk seluruh wilayah Indonesia.
Penggunaan transportasi juga berdampak seperti persoalan kemacetan.
Permasalahan tersebut dijadikan alasan masyarakat saat ini lebih selektif dalam
memilih alat transportasi, yang dimana transportasi mampu menempuh tujuan
waktu yang lebih cepat, harga terjangkau, kualitas pelayanan baik dan aman.
Pada umumnya sebagian besar masyarakat masih sangat bergantung dengan
angkutan umum. Ketergantungan masyarakat akan angkutan umum tidak
diimbangi dengan penyedia angkutan umum yang memadai terutama bila
ditinjau dari fasilitas yang diberikan. Fasilitas yang diberikan angkutan umum
masih sangat kurang, hampir semua angkutan umum yang tersedia terisi penuh
sesak oleh penumpang. Hal ini menyebabkan para penumpang memilih
menggunakan alternatif angkutan umum lainnya yang lebih efektif dan efisien.
Selain itu, dalam menentukan piihan menggunakan jasa transportasi kini
masyarakat dihadapkan dengan berbagai macam pilihan menarik yang dapat
mempengaruhi mereka dalam memilih menggunakan jasa tersebut, salah
satuya adalah suatu kepercayaan masyarakat atau konsumen terhadap merek
yang mereka pilih.