• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Klatakan 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    YULIA ISMAWATI - 120210204082.pdf (5.612Mb)
    Date
    2019-09-09
    Author
    ISMAWATI, Yulia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas VA di SDN Klatakan 01 pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2018, diperoleh beberapa pemasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu pelaksanaan pembelajaran IPS masih kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariatif dan kurang berpusat pada siswa (student centered). Guru masih menggunakan buku paket saat pembelajaran. Meskipun sudah dilakukan diskusi saat pembelajaran, namun skor rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu 64,81 (kategori cukup). Observasi yang dilakukan dengan mengamati proses belajar mengajar dalam kelas menunjukkan bahwa guru masih belum maksimal dalam melaksanakan proses pembelajaran, maka dipilihlah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Klatakan 01 Jember. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Klatakan 01 Jember? Penelitian dilaksanakan di SDN Klatakan 01 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Klatakan 1 Jember dengan jumlah 22 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92674
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository