Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Klatakan 01 Jember
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas VA di SDN Klatakan 01
pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2018, diperoleh beberapa pemasalahan yang
dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu pelaksanaan pembelajaran IPS masih
kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariatif dan kurang berpusat
pada siswa (student centered). Guru masih menggunakan buku paket saat
pembelajaran. Meskipun sudah dilakukan diskusi saat pembelajaran, namun skor
rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu 64,81 (kategori cukup). Observasi
yang dilakukan dengan mengamati proses belajar mengajar dalam kelas
menunjukkan bahwa guru masih belum maksimal dalam melaksanakan proses
pembelajaran, maka dipilihlah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match
pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN
Klatakan 01 Jember.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran IPS pokok
bahasan perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA SDN Klatakan 01 Jember?
Penelitian dilaksanakan di SDN Klatakan 01 Jember pada semester genap
tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN
Klatakan 1 Jember dengan jumlah 22 siswa. Jenis penelitian yang digunakan
adalah PTK. Penelitian menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat
tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi,
dokumentasi, dan tes.