• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perencanaan Tebal Perkerasan pada Ruas Jalan Tol Gempol – Pasuruan STA 13+900 sampai dengan STA 20+500 dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2017

    Thumbnail
    View/Open
    Kamila Wahidaturrohmah - 151910301001.pdf (4.156Mb)
    Date
    2019-09-06
    Author
    Wahidaturrohmah, Kamila
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jalan Tol merupakan jalan umum yang merupakan bagian sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasional yang mewajibkan penggunanya membayar tol. Jalan tol dibangun untuk mewujudkan pemerataan pembangunan serta keseimbangan dalam pengembangan wilayah serta meningkatkan efisiensi pelayanan jasa distribusi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pada proyek pembangunan Jalan Tol Gempol – Pasuruan Seksi 2 Rembang - Pasuruan sebelumnya direncanakan perkerasan kaku dengan metode AASHTO 1993. Penelitian ini merencanakan tebal perkerasan yang lebih efisien berdasarkan nilai discounted life cycle cost dengan metode Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2017. Dalam metode ini jenis perkerasan ditentukan berdasarkan nilai ESA4 (juta) dalam 20 tahun. Kemudian dihitung tebal perkerasan untuk masing-masing jenis perkerasan yang telah ditentukan. Dari dua jenis perkerasan yang dipilih dilakukan analisa rencana anggaran biaya untuk mengetahui jenis perkerasan apakah yang lebih efisien untuk dilaksanakan di lapangan. Hasil dari perhitungan perencanaan ulang tebal perkerasan dengan metode manual desain perkerasan jalan tahun 2017 diperoleh tebal perkerasan lentur lapis AC WC (Asphalt Concrete Wearing Course) 40 mm, lapis AC BC (Asphalt Concrete Binder Course) 60 mm, lapis AC Base (Asphalt Concrete Base) 80 mm, lapis pondasi agregat kelas A 380 mm, dan lapis pondasi agregat kelas B 450 mm dengan biaya konstruksi senilai 215.507.352.185 rupiah dan biaya discounted lifecycle cost senilai 413.508.284.520,74 rupiah. Sedangkan untuk perkerasan kaku direncanakan perkerasan kaku bersambung tanpa tulangan dengan tebal pelat beton 290 mm, tebal lapis lean concrete 100 mm, panjang tie bar (ulir BJTU 24) 700 mm diameter 16 mm, dan panjang dowel (polos) 450 mm diameter 36 mm dengan biaya konstruksi senilai 199.116.923.197 rupiah dan biaya discounted life cycle cost senilai 398.732.419.535 rupiah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jenis perkerasan kaku memiliki nilai discounted life cycle cost lebih rendah dibandingkan perkerasan lentur
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92659
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository