Analisis Pengaruh ROSI, ROI, dan ROE Terhadap Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Selama Tahun 2014-2017)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh dari ROSI, ROI, dan ROE terhadap harga saham perusahaan sektor makanan dan minuman. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan harga saham perusahaan makanan dan minuman selama tahun 2014 sampai tahun 2017. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama tahun 2014-2017. Dalam penelitian ini, digunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatanya yaitu kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang dipakai adalah purposive sampling. Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROSI, dan ROI berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan ROE tidak berpengaruh terhadap harga saham.