• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pokok Bahasan “Siklus Air"

    Thumbnail
    View/Open
    Anggi Dwi Prayitno-150210204127.pdf (3.611Mb)
    Date
    2019-09-04
    Author
    PRAYITNO, Anggi Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan teknologi informasi di era modern membuat ide dan inovasi dalam pembelajaran kian bervariasi. Saat ini peran teknologi banyak memberikan manfaat dalam pembelajaran, salah satunya media pembelajaran. Peran media pembelajaran dalam kurikulum 2013 sangat penting. Pada kurikulum 2013 guru ditekankan untuk merancang media pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif. Pemilihan media pembelajaran tidak bisa sembarangan, ada beberapa materi yang hanya dapat menggunakan media gambar saja, contohnya seperti macam-macam sumber daya alam dan pelestarian hewan langka. Namun ada pula materi yang tidak cukup menggunakan gambar saja, contohnya seperti proses pencernaan manusia dan peredaran darah. Siklus air merupakan materi yang tidak mudah dipelajari karena pada materi ini terdapat suatu proses dimana perubahan partikel berlangsung di atmosfer bumi. Tentu hal ini tidak dapat diamati secara langsung oleh pancaindra sehingga berpengaruh pada proses pembelajaran. Akibatnya, siswa hanya bisa membayangkan dan tidak mendapatkan gambaran secara nyata mengenai siklus air. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan proses siklus air kedalam bentuk animasi agar siswa mendapatkan gambaran secara nyata bagaimana proses siklus air. Salah satu cara untuk memvisualisasikan proses siklus air kedalam bentuk animasi yaitu dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash “Siklus Air” yang valid, menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash “Siklus Air” yang valid menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi desain produk; dan (8) uji coba keefektifan. Tahap produksi massal dan diseminasi produk tidak dilakukan karena keterbatasan kemampuan, biaya, dan waktu penelitian. Hasil analisis data validasi media pembelajaran oleh validator menunjukkan hasil yang baik dan valid dengan rerata skor Va sebesar 4,59 dengan persentase kelayakan media sebesar 91,8 % dengan kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif “Siklus Air” yang dikembangkan adalah valid dan layak untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif “Siklus Air” efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat secara signifikan. Berdasarkan perbandingan rata-rata nilai pretest dan posttest dapat diketahui nilai rata-rata pretest sebesar 61,47 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 82,32. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 20,85 Terkait dengan itu, dari jumlah 38 siswa yang mendapatkan skor hasil belajar di atas KKM sebanyak 35 siswa sedangkan 3 siswa mendapatkan skor di bawah KKM. Persentase ketuntasan siswa keseluruhan sebesar 92,10%. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif “Siklus Air” yang dikembangkan valid, efektif, dan menarik serta sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92516
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository