• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Kemampuan Menyelesaikan Ill Dan Well Structured Problem Dalam Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Teori Relativitas Pada SMA Di Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Lupita Rahayu-140210102012_1.pdf (3.749Mb)
    Date
    2019-09-04
    Author
    RAHAYU, Lupita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebagai proses, fisika sebagai kegiatan ilmiah untuk menyempurnakan pengetahuan tentang alam dan untuk menemukan pengetahuan baru. Dalam proses pembelajaran fisika diperlukan kemampuan intelektual. Salah satu indikator dari perilaku intelektual adalah kemampuan dalam menyelesaikan/memecahkan masalah (problem solving). Kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving) adalah keterampilan intelektual yang di nilai sebagai hasil belajar yang penting dan signfikan dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran perlu menggunakan strategi, metode, teknik, model maupun pendekatan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah. Masalah adalah pertanyaan atau isu yang tidak pasti dan harus diperiksa dan dipecahkan. Berdasarkan strukturnya, masalah dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu masalah yang terstruktur dengan baik (well structured problem), dan masalah yang tidak terstruktur dengan baik (ill structured problem). Tujuan dari pembelajaran fisika pada kurikulum 2013 menekankan bahwa siswa harus memiliki kemampuan menyelesaikan maslah dengan baik. Dilandasi dengan pemaparan tersebut maka perlu dilakukannya identifikasi kemampuan menyelesaikan masalah. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian deskriptif, dengan penentuan daerah penelitian menggunakan metode purpose sampling area. Tempat yang digunanakan untuk penelitian yaitu SMA Muhammadiyah Jember dengan pertimbangan tertentu. Subjek penelitian ini adalah kelas XII IPA 1, XII IPA 4, XII IPA 5 di SMA Muhammadiyah Jember. Alasan pemilihan kelas tersebut adalah karena saran dari guru bidang studi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan well dan ill structured problem secara keseluruhan yaitu, kemampuan siswa dalam mengenali masalah pada well structured problem sebagian besar sudah sangat baik sedangkan pada ill structured problem hanya 18,63% siswa pada kategori sangat baik. Kemampuan siswa dalam merencanakan strategi pada well structured problem sebagian besar sudah sangat baik sedangkan pada ill structured problem 0% siswa pada kategori sangat baik. Kemampuan siswa dalam menerapkan strategi pada well structured problem hanya 46,08% siswa yang mampu menerapkan strategi dengan sangat baik sedangkan pada ill structured problem 0% siswa yang mampu menerapkan strategi dengan sangat baik. Pada well structured problem, 14,70% siswa pada kategori cukup, kurang bahkan sangat kurang Pada ill structured problem, 96,96% siswa pada kategori cukup, kurang bahkan sangat kurang. Kemampuan siswa dalam melakukan evaluasi baik pada well structured problem maupun ill structured problem masih belum baik. Pada well structured problem, 3,92% siswa masih pada kategori sangat kurang sedangkan pada ill structured problem 43,14% siswa pada kategori sangat kurang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92500
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository