Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Biru Daun Kabupaten Situbondo)
Abstract
Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, kebutuhan pendudukpun semakin meningkat, khususnya kebutuhan terhadap makanan. salah satu alternatif adalah rumah makan atau restaurant. Setiap restaurant saat ini memiliki berbagai macam konsep untuk memberi kenyamanan kepada para konsumen. Restaurant bukan hanya tempat untuk makan melainkan tempat hangout khususnya bagi para remaja. Hal ini terbukti berbagai macam restaurant memiliki berbagai konsep seperti restaurant jepang yang menawarkan makanan dan budaya khas jepang, restaurant dengan konsep persawahan yang memberikan nuansa alam. Waroeng Biru Daun adalah rumah makan satu –satunya yang ada di Kabupaten Situbondo dengan konsep persawahan yang didirikan sejak bulan Mei tahun 2018.
Hal yang paling penting dalam bisnis usaha jasa ataupun produk adalah penilaian konsumen tentang kualitas layanan yang diberikan dari bisnis usaha tersebut. Kualitas pelayanan sangat penting dalam mempertahankan kelangsungan hidup suatu usaha. Kualitas pelayanan dapat dilihat dari terpenuhi atau tidak terpenuhinya harapan konsumen atas pelayanan yang mereka terima. Jika kenyataannya sama atau lebih dari diharapkan maka pelayanan dapat dikatakan berkualitas atau memuaskan. Sebaliknya, jika kenyataan kurang dari yang diharapkan maka layanan dapat dikatakan tidak berkualitas atau tidak memuaskan. Kepuasan konsumen dapat terwujud jika konsumen merasakan pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan harapan mereka. dapat dilihat dari konsumen itu melakukan pembelian ulang dan juga merekomendasikan layanan tersebut kepada orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (studi kasus pada konsumen Waroeng Biru Daun di Kabupaten Situbondo).