Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning dan Jumping Task pada Pokok Bahasan Kaidah Pencacahan untuk Siswa SMA
Abstract
Mengingat begitu pentingnya matematika dan banyak kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari sehingga selalu dipelajari pada setiap jenjang pendidikan
formal, oleh karena itu hendaknya matematika harus diterapkan pada
pembelajaran di sekolah khususnya dengan proses pembelajaran yang efektif.
Oleh karena itu, perencanaan proses pembelajaran sangat mempengaruhi proses
pembelajaran yang akan dilakukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi
keberhasilan proses belajar siswa dapat dilihat dari kualitas perangkat
pembelajaran. Perangkat pembelajaran berupa RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran dan LKS (Lembar Kerja Siswa).
Setiap pendidik harus mampu mengembangkan sistem pengajaran. Salah
satunya dengan metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran harus
mampu menciptakan suatu interaksi secara aktif bagi siswa sehingga siswa secara
mandiri menemukan konsep dari materi yang diajarkan. Salah satu metode
pembelajaran yang dapat dipilih dan dikembangkan oleh guru adalah metode
pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
PBL adalah pembelajaran yang diawali dari suatu permasalahan yang
digunakan sebagai sarana untuk investigasi siswa. Permasalahan yang disajikan
diawal pembelajaran merupakan masalah yang autentik dan bermakna. Setiap
siswa ataupun kelompok harus menyelesaikan permasalahan-permasalahan
tersebut secara mandiri.