Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Grand Cafe Jember
Abstract
Konsumen merupakan bagian dari terwujudnya kesuksesan usaha bisnis dalam mempertahankan maupun mengembangkan eksistensinya di tengah persaingan pasar. Loyalitas konsumen merupakan faktor penting untuk mewujudkannya, sehingga diperlukan seni dan pengelolaan yang baik dalam menjaga siklus hidup konsumen pada jangka waktu yang berkelanjutan. Kafe merupakan salah satu usaha bisnis yang kini perkembangannya semakin pesat, terutama pada wilayah pusat pendidikan seperti kampus, yang notabene banyak kawula muda terutama warga pendatang. Usaha kafe akan dapat mempertahankan eksistensinya apabila dapat mengelola siklus hidup konsumennya dalam jangka waktu yang lama melalui serangkaian pengalaman posisitf yang diberikan kepada konsumen, mulai dari minuman, makanan, pelayanan, fasilitas, dan lain sebagainya. Pengalaman positif inilah yang dapat disebut sebagai experiental marketing atau pendekatan pemasaran kepada konsumen melalui beberapa indikator seperti sense, feel, think, act, dan relate.
Grand Cafe sebagai salah satu kafe yang ada di Kabupaten Jember tentunya dihadapkan pada jumlah pesaing yang memiliki serangkaian variasi dan inovasi yang ditawarkan, sehingga dituntut untut lebih meningkatkan kualitas produk maupun inovasi-inovasi baru agar memiliki diferensiasi dibanding pesaing. Memberikan pengalaman positif kepada konsumen menjadikan siklus hidup konsumen lebih panjang, sehingga mereka merasa nyaman dengan suasana maupun pelayanan kafe dan menjadi konsumen yang loyal.