Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.advisorYudianto YUDIANTO, Erfan
dc.contributor.authorAPRILLIYANTI, Indri
dc.date.accessioned2019-08-22T07:52:03Z
dc.date.available2019-08-22T07:52:03Z
dc.date.issued2019-08-22
dc.identifier.nimNIM150210101123
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92111
dc.description.abstractEtnomatematika merupakan penggabungan dari dua kata yakni etno dan matematika. Etno menunjuk pada suatu budaya atau kelompok masyarakat sosial sedangkan matematika adalah ilmu yang mempelajari mengenai bilangan dengan operasinya yang mengandung kebenaran serta aturan tertentu dalam penyelesaiannya, yang penerapannya banyak digunakan dalam kehidupan seharihari. Etnomatematika adalah penerapan ilmu matematika dalam kehidupan berbudaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etnomatematika pada aktivitas petani kakao dan menghasilkan bahan ajar siswa berupa paket tes. Penelitian ini dilakukan di desa Temuasri Sempu Banyuwangi terhadap masyarakat yang berprofesi sebagai petani kakao, maupun sebagai pekerja ataupun mandor perkebunan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa etnomatematika pada aktivitas yang digunakan oleh petani kakao yakni aktivitas menghitung, aktivitas mengukur, dan aktivitas mendesain. Etnomatematika pada aktivitas menghitung muncul saat petani menentukan jumlah pohon yang ditanam, menentukan jumlah pekerja, menentukan upah pekerja, menentukan kebutuhan jumlah pupuk, dan menghitung hasil panen. Etnomatematika pada aktivitas mengukur muncul saat petani menentukan ukuran jarak tanam menggunakan alat bantu ajir (patok) dan menentukan ukuran lubang tanam menggunakan alat bantu berupa blak. Etnomatematika pada aktivitas mendesain muncul saat petani membuat lubang tanam dan pola tanam kakao yakni segiempat. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar siswa berupa paket soal tes. Pada paket soal tes ini diangkat pokok bahasan yakni perbandingan senilai dan berbalik nilai, serta aritmatika sosial. Soal dan penjelasan yang dibuat merupakan aplikasi atau penerapan dari etnomatematika pada aktivitas petani kakao. Aktivitas yang akan diterapkan terfokuskan pada aktivitas menentukan jumlah pohon berdasarkan jarak tanam dan luas lahan tanam, aktivitas pemberian pupuk, aktivitas menentukan jumlah pekerja berdasarkan lamanya kerja, dan hasil panen yang diperoleh. Paket soal tes yang dihasilkan menggambarkan beberapa etnomatematika pada aktivitas petani kakao yang menggunakan konsep matematika dalam aktivitas bertani. Aktivitas yang pertama adalah menentukan jumlah pohon berdasarkan jarak tanam dan luasan lahan. Soal yang dibuat akan berhubungan dengan konsep perbandingan senilai. Aktivitas kedua adalah pemberian pupuk. Pada aktivitas ini akan dibuat soal yang akan dihubungkan dengan operasi hitung penjumlahan, operasi hitung perkalian, dan perbandingan senilai. Aktivitas ketiga adalah menentukan jumlah pekerja berdasarkan waktu kerja. Pada aktivitas ini akan dibuat soal yang akan dihubungkan dengan konsep perbandingan berbalik nilai. Aktivitas keempat adalah menghitung hasil panen. Pada aktivitas ini akan dibuat soal yang akan dihubungkan dengan konsep perbandingan senilai dan aritmatika sosial. Berdasarkan hasil dari aktivitas-aktivitas tersebut, akan disajikan ke dalam bentuk soal yang tertera dalam paket soal tes pada lampiran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries150210101123;
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectetno dan matematikaen_US
dc.subjectetnoen_US
dc.subjectmatematikaen_US
dc.subjectbudayaen_US
dc.subjectkelompok masyarakat sosialen_US
dc.subjectilmuen_US
dc.subjectbilanganen_US
dc.subjectoperasinyaen_US
dc.subjectkehidupan berbudayaen_US
dc.titleEtnomatematika Pada Aktivitas Petani Kakao Desa Temuasri Sempu Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record