Pengaruh Kualitas Website Lazada Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen di Indonesia
Abstract
Lazada adalah pemimpin pasar e-commerce di Indonesia. Sebagai
pemimpin pasar e-commerce, Lazada harus mampu untuk mempertahankan
posisinya dengan cara memberikan kepuasan kepada konsumennya. Kualitas
website yang baik secara signifikan dapat memberikan dampak pada keberhasilan
e-commerce. Website yang baik harus dapat memberikan informasi yang luas dan
dapat dengan mudah untuk dipahami serta format navigasi yang dirancang dengan
baik untuk memberikan kemudahan operasional bagi pengunjung website
tersebut. Metode pengukuran kualitas website yang terbaru ialah WebQual 4.0
yang yang direfleksikan dengan tiga indikator yaitu usability, information, dan
service interaction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
website Lazada terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen di Indonesia.
Penelitian ini memiliki satu variabel bebas yaitu kualitas website, variabel
intervening yaitu kepuasan konsumen, dan variabel terikat yaitu loyalitas
konsumen. Variabel kualitas website memiliki tiga indikator utama yaitu usability,
information quality, dan service interaction.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 97
orang responden. Untuk mengetahui ketepatan pengujian suatu hipotesa tentang
hubungan variabel penelitian, maka digunakan uji validitas. Pengujian reliabilitas
digunakan untuk menunjukkan seberapa besar pengukuran dapat memberikan
hasil yang relatif sama bila dilakukan pengukuran kembali terhadap subjek yang
sama. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (Path Analysis).
Berdasarkan hasil pengujian disimpulkan bahwa kualitas website Lazada
memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien
jalur sebesar 0,512. Variabel kepuasan konsumen memiliki pengaruh langsung
terhadap loyalitas konsumen dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,242. Variabel
kualitas website memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas konsumen dengan
nilai koefisien jalur sebesar 0,446. Variabel kualitas website Lazada memiliki
pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan
konsumen, dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,124. Pengaruh langsung antara
variabel kualitas website Lazada terhadap variabel loyalitas konsumen memiliki
nilai koefisien jalur yang lebih besar daripada pengaruh tidak langsung. Artinya
bahwa konsumen yang loyal terhadap website Lazada lebih dominan ditentukan
oleh kualitas website yang diberikan Lazada dibandingkan melalui kepuasan
konsumen.
Collections
- MT-Management [539]