Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Narasi Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas V Tema 8 Subtema 1
Abstract
Penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran
menulis karangan narasi dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu siklus I
dansiklus II. Pada setiap siklus terdapat 1 pembelajaran dengan masing-masing
pembelajaran alokasi waktunya adalah 2x35 menit. Kegiatan
pembelajaran pada siklus I dan siklus II sesuai dengan RPP yang telah
disusun, hanya saja pada saat pelaksanaan siklus II ada perbaikan, namun
secara keseluruhan hamper sama. Pada siklus II guru menunjukkan lembaran
picture and picture yang telah mengalami perubahan dan perbaikan salah
satunya adalah pencantuman nomor urut pada tiap-tiap lembar gambar.
Setelah selesai menjelaskan, guru memberikan pertanyaan kepada siswa
mengenai hal yang telah dijelaskan. Model pembelajaran picture and
picture perlu memperhatikan hal-hal seperti ukuran dan penempatan picture
agar dapat dijangkau oleh siswa secara klasikal, dengan begitu siswa dapat
menjadi lebih mudah dalam mengeluarkan ide-idenya berdasarkan apa yang
mereka lihat. Selain itu, perlunya penomoran pada gambar yang tertera pada
LKPD, sehingga siswa tidak merasa kesulitan mengenai urutannya, dan
karangan narasi siswa menjadi lebih runtut dalam menulis.Ketuntasan
menulis karangan narasi siswa siswa pada siklus I yang mencapai ketuntasan
belajar (≥ 70) sebanyak 15 (60%) dari jumlah kelas V SDN Kepatihan 01
Jember yaitu 25 siswa.Sebanyak 10 siswa (40%) mendapat nilai di bawah
KBM (≤ 70).Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan belajar (≥ 70)
sebanyak 23 siswa (92%) dari jumlah kelas V SDN Kepatihan 01 Jember
yaitu 25 siswa. Sebanyak 2 siswa (8%) mendapat nilai dibawah KBM (≤ 70).