• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Narasi Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas V Tema 8 Subtema 1

    Thumbnail
    View/Open
    Alfan Ilman Nur - 150210204023 .pdf (2.126Mb)
    Date
    2019-08-19
    Author
    NUR, Alfan Ilman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran menulis karangan narasi dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dansiklus II. Pada setiap siklus terdapat 1 pembelajaran dengan masing-masing pembelajaran alokasi waktunya adalah 2x35 menit. Kegiatan pembelajaran pada siklus I dan siklus II sesuai dengan RPP yang telah disusun, hanya saja pada saat pelaksanaan siklus II ada perbaikan, namun secara keseluruhan hamper sama. Pada siklus II guru menunjukkan lembaran picture and picture yang telah mengalami perubahan dan perbaikan salah satunya adalah pencantuman nomor urut pada tiap-tiap lembar gambar. Setelah selesai menjelaskan, guru memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai hal yang telah dijelaskan. Model pembelajaran picture and picture perlu memperhatikan hal-hal seperti ukuran dan penempatan picture agar dapat dijangkau oleh siswa secara klasikal, dengan begitu siswa dapat menjadi lebih mudah dalam mengeluarkan ide-idenya berdasarkan apa yang mereka lihat. Selain itu, perlunya penomoran pada gambar yang tertera pada LKPD, sehingga siswa tidak merasa kesulitan mengenai urutannya, dan karangan narasi siswa menjadi lebih runtut dalam menulis.Ketuntasan menulis karangan narasi siswa siswa pada siklus I yang mencapai ketuntasan belajar (≥ 70) sebanyak 15 (60%) dari jumlah kelas V SDN Kepatihan 01 Jember yaitu 25 siswa.Sebanyak 10 siswa (40%) mendapat nilai di bawah KBM (≤ 70).Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan belajar (≥ 70) sebanyak 23 siswa (92%) dari jumlah kelas V SDN Kepatihan 01 Jember yaitu 25 siswa. Sebanyak 2 siswa (8%) mendapat nilai dibawah KBM (≤ 70).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91947
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository