Strategi Saluran Distribusi Obat Tradisional Pada PT Karya Pak Oles Tokcer
Abstract
Pemasaran yang tepat menjadi kunci utama bagi perusahaan untuk
meningkatkan kelangsungan hidup perusahaanya melalui perluasan pasar hingga
ke luar daerah produksinya. Perluasan pasar ini membutuhkan strategi saluran
distribusi yang tepat agar tidak terjadi keterlambatan dalam pengiriman produk
kepada konsumen akhir. Perusahaan harus jeli dalam menentukan saluran
distribusi mana yang akan digunakan baik melalui perantara atau tanpa perantara
dengan mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya pertimbangan pasar,
pertimbangan produk, pertimbangan perantara dan pertimbangan perusahaan.
Saluran distribusi berperan penting bagi perusahaan yaitu memperluas daerah
pemasaran. Begitu juga dengan PT Karya Pak Oles Tokcer agar dapat
memperlancar pemasaran produk maka diperlukan strategi saluran distribusi yang
tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi saluran distribusi
yang diterapkan pada PT Karya Pak Oles Tokcer. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area yaitu PT Karya Pak Oles Tokcer cabang
Jember yang terletak di Jalan Kalimantan Ruko 34. Kavling 6, Sumber Sari
Jember, sedangkan untuk menentukan subjek dan informan penelitian
menggunakan metode purposive sampling yaitu kepala cabang Jember PT Karya
Pak Oles Tokcer, kepala unit Probolinggo, Team Leader (TL), Sales Promotion
Group (SPG), penjaga counter, pengecer apotik. Metode pengumpulan data yang
digunakan terdiri dari metode wawancara dan metode dokumen. Metode analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.