Show simple item record

dc.contributor.advisorJulianto, Didik Eko
dc.contributor.advisorWahjuni, Sri
dc.contributor.authorPratama, Cicilia Permataning Mahardika
dc.date.accessioned2019-08-13T01:24:20Z
dc.date.available2019-08-13T01:24:20Z
dc.date.issued2019-08-13
dc.identifier.nim150910202044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91675
dc.description.abstractBerdasarkan Undang-Undang Nomor: 38 tahun 2009 tentang Pos (UU Pos No. 38/2009), pos adalah layanan komunikasi tertulis dan/atau surat elektronik, layanan paket, layanan logistik, layanan transaksi keuangan, dan layanan keagenan pos untuk kepentingan umum. Persaingan industri di bidang perposan sejak berlakunya undang-undang tersebut menjadi semakin kompetitif. Hal ini membuat masyarakat dihadapkan oleh banyaknya alternatif pilihan jasa pos dari berbagai penyelenggara dengan penawaran produk dan layanan yang dapat memenuhi kepuasan konsumen, dan tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini akan menimbulkan preferensi konsumen. Preferensi konsumen merupakan hal yang penting khususnya dalam pemasaran karena berhubungan erat dengan keberhasilan suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya, yaitu keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen atas dasar preferensi konsumen tersebut. Penelitian ini menganalisis tentang perilaku konsumen khususnya mengenai proses pengambilan keputusan pembelian dan preferensi konsumen terhadap jasa pos pada PT Pos Indonesia yang dilakukan di PT Pos Indonesia Kantor Pos Besar Jember pada bulan Januari sampai Februari 2019. Penelitian analisis preferensi konsumen dalam menggunakan jasa pos pada PT Pos Indonesia di Jember ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena ingin menghimpun fakta dan menggambarkan secara jelas mengenai preferensi jasa pos pada PT Pos Indonesia yang digunakan oleh konsumen di Jember. Dengan tidak diketahuinya jumlah populasi konsumen PT Pos Indonesia di Jember, maka sasaran penelitian ini ditentukan 100 konsumen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling atau pengambilan sampel secara kebetulan. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen berupa kuesioner yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dasar konsumen terhadap jasa pos. Hasil dari kuesioner tersebut dikoding dan diolah serta ditampilkan dalam bentuk tabel frekuensi dan tabulasi silang. Dari analisis yang telah dilakukan, konsumen PT Pos Indonesia di Jember memiliki preferensi terhadap jasa pos yaitu pada produk surat dan paket, jasa keuangan, ritel, kiriman internasional, dan tidak satupun yang memilih integrasi logistik. Mayoritas konsumen di Jember lebih menyukai (prefer) surat dan paket sebagai produk yang selalu digunakan. Pada surat dan paket, mayoritas konsumen memilih Pos Express dengan mempertimbangkan kecepatan pengiriman sebagai kecenderungan alasan penggunaan produk tersebut. Dengan memahami kebutuhan konsumen berdasarkan preferensi tersebut maka perusahaan dapat menyusun strategi yang efektif untuk mendukung penawaran yang menarik bagi pasar sasaranen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPreferensi Konsumenen_US
dc.subjectMenggunakan Jasa Posen_US
dc.titleMenggunakan Jasa POS Pada PT Pos Indonesia Di Jember Analysis of Consumer Preferences in Using Postal Services at Pt POS Indonesia in Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record