• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Menggunakan Jasa POS Pada PT Pos Indonesia Di Jember Analysis of Consumer Preferences in Using Postal Services at Pt POS Indonesia in Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Cicilia Permataning Mahardika Pratama - 150910202044 Sdh.pdf (2.215Mb)
    Date
    2019-08-13
    Author
    Pratama, Cicilia Permataning Mahardika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan Undang-Undang Nomor: 38 tahun 2009 tentang Pos (UU Pos No. 38/2009), pos adalah layanan komunikasi tertulis dan/atau surat elektronik, layanan paket, layanan logistik, layanan transaksi keuangan, dan layanan keagenan pos untuk kepentingan umum. Persaingan industri di bidang perposan sejak berlakunya undang-undang tersebut menjadi semakin kompetitif. Hal ini membuat masyarakat dihadapkan oleh banyaknya alternatif pilihan jasa pos dari berbagai penyelenggara dengan penawaran produk dan layanan yang dapat memenuhi kepuasan konsumen, dan tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini akan menimbulkan preferensi konsumen. Preferensi konsumen merupakan hal yang penting khususnya dalam pemasaran karena berhubungan erat dengan keberhasilan suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya, yaitu keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen atas dasar preferensi konsumen tersebut. Penelitian ini menganalisis tentang perilaku konsumen khususnya mengenai proses pengambilan keputusan pembelian dan preferensi konsumen terhadap jasa pos pada PT Pos Indonesia yang dilakukan di PT Pos Indonesia Kantor Pos Besar Jember pada bulan Januari sampai Februari 2019. Penelitian analisis preferensi konsumen dalam menggunakan jasa pos pada PT Pos Indonesia di Jember ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena ingin menghimpun fakta dan menggambarkan secara jelas mengenai preferensi jasa pos pada PT Pos Indonesia yang digunakan oleh konsumen di Jember. Dengan tidak diketahuinya jumlah populasi konsumen PT Pos Indonesia di Jember, maka sasaran penelitian ini ditentukan 100 konsumen dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling atau pengambilan sampel secara kebetulan. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan instrumen berupa kuesioner yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dasar konsumen terhadap jasa pos. Hasil dari kuesioner tersebut dikoding dan diolah serta ditampilkan dalam bentuk tabel frekuensi dan tabulasi silang. Dari analisis yang telah dilakukan, konsumen PT Pos Indonesia di Jember memiliki preferensi terhadap jasa pos yaitu pada produk surat dan paket, jasa keuangan, ritel, kiriman internasional, dan tidak satupun yang memilih integrasi logistik. Mayoritas konsumen di Jember lebih menyukai (prefer) surat dan paket sebagai produk yang selalu digunakan. Pada surat dan paket, mayoritas konsumen memilih Pos Express dengan mempertimbangkan kecepatan pengiriman sebagai kecenderungan alasan penggunaan produk tersebut. Dengan memahami kebutuhan konsumen berdasarkan preferensi tersebut maka perusahaan dapat menyusun strategi yang efektif untuk mendukung penawaran yang menarik bagi pasar sasaran
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91675
    Collections

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository