• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas v Subtema Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Di SDN Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Aisyatur Ridho-150210204110 Sdh.pdf (5.599Mb)
    Date
    2019-08-12
    Author
    Ridho, Aisyatur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dalam pendekatan saintifik dengan materi pembelajaran akan sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode pembelajaran merupakan cara atau tahapan yang digunakan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPA penting dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar serta pemahaman siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran IPA dengan percobaan tidak selalu dilaksanakan di sekolah dikarenakan metode eksperimen dirasa membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk jam pelajaran yang terbatas. Alokasi waktu yang terbatas tersebut digunakan guru untuk mengajarkan materi menggunakan metode yang sederhana seperti metode ceramah, sehinga lebih menghemat waktu pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas, diharapkan metode eksperimen dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa subtema perpindahan kalor disekitar kita, sehingga peneliti berkehendak melakukan uji coba metode eksperimen dalam pembelajaran dengan mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Subtema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita di SDN Karangrejo 01 Jember tahun Pelajaran 2018/2019”. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eskperimental) dengan pola pretest-posttest nonequivalent control group design. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91621
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository