Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas v Subtema Perpindahan Kalor Di Sekitar Kita Di SDN Karangrejo 01 Jember Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dalam pendekatan saintifik dengan materi pembelajaran akan sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode pembelajaran merupakan cara atau tahapan yang digunakan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPA penting dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar serta pemahaman siswa sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran IPA dengan percobaan tidak selalu dilaksanakan di sekolah dikarenakan metode eksperimen dirasa membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk jam pelajaran yang terbatas. Alokasi waktu yang terbatas tersebut digunakan guru untuk mengajarkan materi menggunakan metode yang sederhana seperti metode ceramah, sehinga lebih menghemat waktu pembelajaran.
Berdasarkan paparan di atas, diharapkan metode eksperimen dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa subtema perpindahan kalor disekitar kita, sehingga peneliti berkehendak melakukan uji coba metode eksperimen dalam pembelajaran dengan mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Subtema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita di SDN Karangrejo 01 Jember tahun Pelajaran 2018/2019”.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eskperimental) dengan pola pretest-posttest nonequivalent control group design. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019.