• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Apos Materi Balok Dan Kubus Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional

    Thumbnail
    View/Open
    Adhila Nuril Saputri - 150210101107.Sdh.pdf (2.054Mb)
    Date
    2019-08-09
    Author
    Saputri, Adhila Nuril
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisis Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Materi Balok dan Kubus Ditinjau dari Kecerdasan Emosional, Adhila Nuril Saputri, 2019, 80 halaman, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Matematika merupakan ilmu dasar yang berkembang sangat pesat baik dari materi maupun kegunaannya. Pemahaman matematika tidak hanya sekedar mengetahui atau memiliki pengetahuan mengenai suatu konsep saja, tetapi juga harus memahami konsep tersebut, namun masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam pelajaran matematika. Salah satu kesuitan belajar pada matematika yaitu pada materi balok dan kubus. Kesulitan siswa pada materi balok dan kubus yaitu kesulitan pada penguasaan konsep, menentukan rumus, dan menggunakan rumus balok maupun kubus. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Pemahaman suatu konsep matematika merupakan hasil dari konstruksi dan rekonstruksi terhadap objek-objek matematika. Konstruksi dan rekonstruksi tersebut dilakukan melalui aktifitas berupa aksi-aksi matematika, proses-proses, objek-objek yang diorganisasikan dalam skema untuk memecahkan suatu masalah (Dubinsky, 2001: 6). Pemahaman terhadap konsep matematika siswa dapat dianalisis melalui teori APOS ( Action, Prosesses, Object, and Skema). Kecerdasan Emosional merupakan salah satu faktor yang dimiliki oleh siswa untuk mencapai kualitas belajar yang lebih baik, terutama dalam pemahaman suatu materi pembelajaran. Menurut penelitian yang telah dilakukan pakar psikologi, dinyatakan bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih penting dari pada kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang termasuk dalam kesuksesan belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa berdasarkan teori APOS pada materi balok dan kubus ditinjau dari kecerdasan emosional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91608
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository