dc.description.abstract | Kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari- hari. Kreativitas pada anak usia dini diharapkan dapat berkembang secara optimal
sejak dini agar dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan dengan mudah. Namun, terdapat kendala ketika seorang guru tidak dapat mengembangkan
kreativitas peserta didik secara optimal hanya dikarenakan kurangnya
pengetahuan tentang perkembangan anak usia dini, dan kurangnya kreativitas
mengajar dari pendidik. Oleh karenanya dalam penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui sebab apa saja yang menjadikan peserta didik memiliki
perkembangan kreativitas yang kurang optimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan
kegiatan pembelajaran eksplorasi dengan bermain permainan pencarian harta
karun di TK Al Hidayah 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan tujuan dalam
penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan kegiatan eksplorasi pencarian
harta karun untuk meningkatkan kreativitas anak di TK Al Hidayah 2 Tahun
Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian adalah anak kelompok B di TK Al-Hidayah 2 Jember. Waktu penelitian
adalah 1 bulan. Sumber data dan informan kunci yaitu, anak, guru kelas, dan
kepala sekolah. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui empat
tahap yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan di TK terkait dengan kegiatan
dalam menunjang kreativitas anak di luar sekolah hanya dilakukan satu kali dalam enam bulan atau satu semester, kegiatan di luar sekolah bermacam-macam dilihat
dari tema pembelajaran. Selain itu dalam proses wawancara dapat diketahui pula
bahwa dalam pengembangan kreativitas di TK hanya menyediakan sedikit
fasilitas yaitu APE Dalang dan permainan pencarian harta karun, walaupun
memang ada kegiatan ekstrakulikuler tari dan menggambar yang bertujuan untuk
mengembangkan kreativitas anak. Pada TK Al-Hidayah 2 Jember terdapat sekitar
40% anak yang memiliki perkembangan kreativitas yang sudah berkembang lebih
dari harapan. Padahal seharusnya anak dapat seluruhnya berkembang terlihat
bagaimana kegiatan serta visi-misi sekolah yang berkeinginan untuk
mengembangkan kreativitas anak secara optimal. Selain itu anak didik dalam TK
Al-Hidayah 2 Jember memiliki kreativitas yang kurang dalam perkembangan
kreativitasnya. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi yaitu anak dalam kegiatan
sehari-hari tidak memiliki gagasan sendiri dalam melakukan kegiatan, tidak dapat
menyampaikan pendapat dan tidak berani mengemukakan rasa ingin tahunya.
Kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kreativitas anak di TK Al- Hidayah 2 yaitu dengan cara di dalam dan di luar kelas, kegiatan pengembangan
kreativitas anak didik di dalam kelas yaitu kolase, menggambar, melukis, dan
menari, kegiatan dalam pengembangan kreativitas di luar sekolah adalah dengan
mengajak anak bermain pencarian harta karun di lapangan dan berjalan-jalan.
Kegiatan pencarian harta karun adalah suatu kegiatan yang menarik dan
seharusnya dapat mengembangkan kreativitas anak secara optimal.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di TK Al-Hidayah 2
Jember dapat disimpulkan bahwa perkembangan kreativitas anak tidak
dikembangkan hanya dengan sebuah permainan, namun juga dengan faktor lain
seperti halnya kegiatan belajar mengajar yang seharusnya lebih kreatif, tidak
monoton, dan tidak hanya melakukan pembelajaran di dalam kelas dengan
menulis dan membaca saja, sehingga pembelajaran sepenuhnya diarahkan oleh
guru dan peserta didik hanya mengikuti arahan guru. | en_US |