• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Deskripsi Kegiatan Bermain Eksplorasi Pencarian Harta Karun Dalam Mengembangkan Kreativitas Pada Anak Kelompok B Di TK Al-Hidayah 2 Jember Tahun Ajaran 2018/2019

    Thumbnail
    View/Open
    Amaliah Shanty Shadikin - 150210205073_1.pdf (1.103Mb)
    Date
    2019-08-07
    Author
    SHADIKIN, Amaliah Shanty
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari- hari. Kreativitas pada anak usia dini diharapkan dapat berkembang secara optimal sejak dini agar dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan dengan mudah. Namun, terdapat kendala ketika seorang guru tidak dapat mengembangkan kreativitas peserta didik secara optimal hanya dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang perkembangan anak usia dini, dan kurangnya kreativitas mengajar dari pendidik. Oleh karenanya dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sebab apa saja yang menjadikan peserta didik memiliki perkembangan kreativitas yang kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan kegiatan pembelajaran eksplorasi dengan bermain permainan pencarian harta karun di TK Al Hidayah 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan kegiatan eksplorasi pencarian harta karun untuk meningkatkan kreativitas anak di TK Al Hidayah 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Al-Hidayah 2 Jember. Waktu penelitian adalah 1 bulan. Sumber data dan informan kunci yaitu, anak, guru kelas, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui empat tahap yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan di TK terkait dengan kegiatan dalam menunjang kreativitas anak di luar sekolah hanya dilakukan satu kali dalam enam bulan atau satu semester, kegiatan di luar sekolah bermacam-macam dilihat dari tema pembelajaran. Selain itu dalam proses wawancara dapat diketahui pula bahwa dalam pengembangan kreativitas di TK hanya menyediakan sedikit fasilitas yaitu APE Dalang dan permainan pencarian harta karun, walaupun memang ada kegiatan ekstrakulikuler tari dan menggambar yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak. Pada TK Al-Hidayah 2 Jember terdapat sekitar 40% anak yang memiliki perkembangan kreativitas yang sudah berkembang lebih dari harapan. Padahal seharusnya anak dapat seluruhnya berkembang terlihat bagaimana kegiatan serta visi-misi sekolah yang berkeinginan untuk mengembangkan kreativitas anak secara optimal. Selain itu anak didik dalam TK Al-Hidayah 2 Jember memiliki kreativitas yang kurang dalam perkembangan kreativitasnya. Hal ini dapat terlihat dari hasil observasi yaitu anak dalam kegiatan sehari-hari tidak memiliki gagasan sendiri dalam melakukan kegiatan, tidak dapat menyampaikan pendapat dan tidak berani mengemukakan rasa ingin tahunya. Kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kreativitas anak di TK Al- Hidayah 2 yaitu dengan cara di dalam dan di luar kelas, kegiatan pengembangan kreativitas anak didik di dalam kelas yaitu kolase, menggambar, melukis, dan menari, kegiatan dalam pengembangan kreativitas di luar sekolah adalah dengan mengajak anak bermain pencarian harta karun di lapangan dan berjalan-jalan. Kegiatan pencarian harta karun adalah suatu kegiatan yang menarik dan seharusnya dapat mengembangkan kreativitas anak secara optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di TK Al-Hidayah 2 Jember dapat disimpulkan bahwa perkembangan kreativitas anak tidak dikembangkan hanya dengan sebuah permainan, namun juga dengan faktor lain seperti halnya kegiatan belajar mengajar yang seharusnya lebih kreatif, tidak monoton, dan tidak hanya melakukan pembelajaran di dalam kelas dengan menulis dan membaca saja, sehingga pembelajaran sepenuhnya diarahkan oleh guru dan peserta didik hanya mengikuti arahan guru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91469
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository