Show simple item record

dc.contributor.advisorNarulita, Erlia
dc.contributor.advisorIqbal, Mochammad
dc.contributor.authorHartini
dc.date.accessioned2019-08-05T08:40:58Z
dc.date.available2019-08-05T08:40:58Z
dc.date.issued2019-08-05
dc.identifier.nim140210103063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91444
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Virtual Laboratory Pada Sub Pokok Bahasan Bioteknologi Konvensional (Kultur Jaringan Tumbuhan) Kelas XII MIA yang valid, efektif dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Develope, Disseminate). Namun pada penelitian ini hanya terbatas hingga tahap ketiga saja yaitu tahap Define, tahap Design, tahap Develope. Selanjutnya dilakukan uji produk dengan subjek siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, pengisian angket, validasi perangkat, validasi media oleh ahli, serta pre-test dan post-test. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah hasil dari validasi media virtual laboratory, data hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan, data hasil respon siswa dan data hasil pre-test dan post-test. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif selanjutnya dianalisis dengan persentase untuk mendapatkan data kualitatif. Dari data yang telah diperoleh, didapatkan hasil validasi media Virtual Laboratory dari ahli pengembangan adalah 80,73% dengan kategori valid, dari ahli materi adalah 84,72% dengan kategori sangat valid, dari ahli media adalah 79,73% dengan kategori valid, serta dari pengguna sebesar 91,67% dengan kategori sangat valid. Rerata hasil validasi sebesar 84,21% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh pada validasi maka dilanjutkan pada tahap uji keterbacaan dan tingkat kesulitan media yang dilakukan dengan skala terbatas yaitu menggunakan 9 orang siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 3 Jember. Hasil yang didapatkan pada tahap ini sebesar 81% dengan kategori layak. Selanjutnya pada uji coba efektivitas media Virtual Laboratory dari hasil belajar didapatkan dari nilai pretes dan postes yang dianalisis menggunakan N-gain (Normalized gain). Perolehan N-gain adalah 0,74 artinya kriteria efektivitas media tinggi. Hasil penilaian angket respon siswa yang memuat beberapa aspek seperti, aspek kognitif, aspek interaktif, aspek menarik, aspek efisien, serta aspek kreatif. Hasil yang didapatkan secara keseluruhan adalah 92,24% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan keseluruhan hasil dapat disimpulkan bahwa telah berhasil dikembangkan media Virtual Laboratory pada materi bioteknologi konvensional (kultur jaringan tumbuhan) yang valid, praktis dan efektif sehingga media yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran pada materin sub pokok bahasan bioteknologi konvesional (kultur jaringan tumbuhan )di SMA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectVirtual Laboratoryen_US
dc.subjectBioteknologi Konvensionalen_US
dc.subjectKultur Jaringan Tumbuhanen_US
dc.titlePengembangan Media Virtual Laboratory Pada Sub Pokok Bahasan Bioteknologi Konvensional (Kultur Jaringan Tumbuhan) Kelas Xii Miaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record