HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PUSAT BUSANA MUSLIM SYAFIA JEMBER
Abstract
Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan : terdapat Hubungan
yang signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
pelanggan pada Pusat Busana Muslim Syafia Jember, dengan hasil ujian rs sebesar
0,726 sesuai dengan pedoman pemberian interprestasi dari Usman dan Akbar,
maka koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,726 berada pada interval 0,61 –
0,80 yang tergolong mempunyai Hubungan cukup. Hal ini berarti bahwa kualitas
pelayanan mempunyai Hubungan cukup dengan Kepuasan Pelanggan pada Pusat
Busana Muslim Syafia Jember. Dari kelima dimensi kualitas pelayanan yang
berHubungan dengan kepuasan responden / pelanggan, hasil perhitungan
koefisien regresi secara parsial yaitu variabel keandalan/reliability (X1) sebesar
0,334, Daya tanggap / responsiveness (X2) sebesar 0,465, keyakinan/confidence
(X3) sebesar 0,712, Empati/empathy (X4) sebesar 0,612, Berwujud/Tangible (X5)
sebesar 0,323. Variabel kualitas pelayanan yang mempunyai Hubungan paling
kuat dengan kepuasan pelanggan pada Pusat Busana Muslim Syafia Jember
adalah keyakinan /confidence (X3) sebesar 0,712, yang meliputi kemampuan
Pusat Busana Muslim Syafia dalam memberikan penjelasan, bertindak ramah dan
sopan serta memberikan keamanan dalam berbelanja.