Show simple item record

dc.contributor.advisorNGESTI, Dra. Retna
dc.contributor.advisorKARTINI, Titin
dc.contributor.authorINAYAH, Iin Nur
dc.date.accessioned2019-05-31T01:28:51Z
dc.date.available2019-05-31T01:28:51Z
dc.date.issued2019-05-31
dc.identifier.nimNIM120210301053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91018
dc.description.abstractSMA Negeri 1 Muncar berlokasi di Jl. Tapanrejo No. 1, Muncar, Banyuwangi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Muncar, terlihat bahwa pada saat proses belajar mengajar,aktivitas yang terjadi hanya satu arah, yakni guru terlalu dominan dan aktif mengajar tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar secara mandiri. Sesuai dengan permasalahan yang ada , maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Inquiry learning pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar kelangkaan dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas di SMA Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2017/2018. Adapun tahap – tahap dalam model pembelajaran inquiry learning yaitu Orientasi, Merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Dengan indikator aktivitas siswa berupa perhatian terhadap penjelsan guru, memecahkan masalah, diskusi kelompok, bertanya, dan menjawab pertanyaan. Hasil belajar dalam penelitian ini diambil dari nilai ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama siklus I berada pada kriteria sedang yaitu 52.95. Pada pertemuan kedua siklus I menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 62.67 dengan kriteria aktif. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 80%. Hasil observasi pada pertemuan pertama siklus II berada pada kriteria aktif yaitu 65.94. pada pertemuan kedua siklus II aktivitas belajar siswa sebesar 80,59 dengan kriteria sangat aktif. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus II sebesar 85.71%. Adapun saran yang dapat diberikan bagi pihak SMA Negeri 1 Muncar antara lain Model pembelajaran inquiry learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternative bagi guru dalam melakukan pembelajaran ekonomi dikelas pada materimateri ekonomi yang relevan dengan model inquiry learning dan guru bisa membiasakan siswa mengembangkan pengetahuan diri dengan menerapkan model inquiry learningen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210301053;
dc.subjectModel Inquiry Learningen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.subjectPelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Kelangkaanen_US
dc.subjectOrientasien_US
dc.subjectProgram Studi Pendidikan Ekonomien_US
dc.titlePenerapan Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas X-1 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Kelangkaan Dan Kebutuhan Manusia Yang Tidak Terbatas Di Sma Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2017/2018)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record