• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas X-1 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Kelangkaan Dan Kebutuhan Manusia Yang Tidak Terbatas Di Sma Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2017/2018)

    Thumbnail
    View/Open
    Iin Nur Inayah-120210301053-bak.pdf (750.5Kb)
    Date
    2019-05-31
    Author
    INAYAH, Iin Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    SMA Negeri 1 Muncar berlokasi di Jl. Tapanrejo No. 1, Muncar, Banyuwangi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Muncar, terlihat bahwa pada saat proses belajar mengajar,aktivitas yang terjadi hanya satu arah, yakni guru terlalu dominan dan aktif mengajar tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar secara mandiri. Sesuai dengan permasalahan yang ada , maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Inquiry learning pada mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar kelangkaan dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas di SMA Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2017/2018. Adapun tahap – tahap dalam model pembelajaran inquiry learning yaitu Orientasi, Merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Dengan indikator aktivitas siswa berupa perhatian terhadap penjelsan guru, memecahkan masalah, diskusi kelompok, bertanya, dan menjawab pertanyaan. Hasil belajar dalam penelitian ini diambil dari nilai ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama siklus I berada pada kriteria sedang yaitu 52.95. Pada pertemuan kedua siklus I menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 62.67 dengan kriteria aktif. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I sebesar 80%. Hasil observasi pada pertemuan pertama siklus II berada pada kriteria aktif yaitu 65.94. pada pertemuan kedua siklus II aktivitas belajar siswa sebesar 80,59 dengan kriteria sangat aktif. Presentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus II sebesar 85.71%. Adapun saran yang dapat diberikan bagi pihak SMA Negeri 1 Muncar antara lain Model pembelajaran inquiry learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternative bagi guru dalam melakukan pembelajaran ekonomi dikelas pada materimateri ekonomi yang relevan dengan model inquiry learning dan guru bisa membiasakan siswa mengembangkan pengetahuan diri dengan menerapkan model inquiry learning
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91018
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository