Show simple item record

dc.contributor.advisorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.contributor.advisorFINALI, Zetti
dc.contributor.authorTRIYANA, Tika
dc.date.accessioned2019-05-24T06:34:37Z
dc.date.available2019-05-24T06:34:37Z
dc.date.issued2019-05-24
dc.identifier.nim150210204030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90984
dc.description.abstractPembelajaran yang menekankan pada kompetensi siswa dilakukan secara terpadu yang dikemas dengan menggunakan tema-tema yang dikaitkan dengan kehidupan siswa. Salah satu tema dan subtema pada kelas V semester 1 yaitu Ekosistem subtema Komponen Ekosistem, terdapat KD IPS yang berbunyi mengidentifikasi karakteristik geografis sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi. Salah satu cara untuk mencapai KD tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru kurang bervariasi, contohnya hanya menggunakan media gambar yang disajikan di buku siswa. Kondisi tersebut dapat membuat suasana pembelajaran di kelas tidak menyenangkan. Media pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar melalui permainan, yaitu media pembelajaran “Georemi Nusantara” dalam bentuk APE Kartu Pasangan. “Georemi Nusantara” merupakan variasi dari permainan kartu yang disesuaikan dengan KD yang ingin dicapai. Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu “Bagaimanakah proses dan hasil pengembangan media pembelajaran “Georemi Nusantara” pada tema Ekosistem subtema Komponen Ekosistem untuk siswa kelas V SDN Patrang 01?”. Berdasarkan rumusan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran “Georemi Nusantara” pada tema Ekosistem subtema Komponen Ekosistem untuk siswa kelas V SDN Patrang 01. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model R&D (Research and Develompoment) oleh Borg and Gall. Tahap-tahap penelitian ini terdiri dari tujuh tahapan yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan); (2) tahap desain produk; (3) tahap pelaksanaan pengembangan produk; (4) tahap validasi; (5) tahap revisi produk; (6) tahap uji coba; dan (7) tahap revisi akhir dan penyebaran. Penelitian ini memiliki pembatasan tahap pengembangan yaitu tidak sampai ke tahap penyebaran, karena fokus penelitian ini hanya pada pengembangan produk dan keefektifan pengembangan produk. Hasil pengembangan media pembelajaran “Georemi Nusantara” dalam bentuk APE Kartu Pasangan pada tema Ekosistem subtema Komponen Ekosistem untuk kelas V semester 1 telah memenuhi dua kriteria sebagai berikut. 1. Valid, ditunjukkan dari data hasil analisis tiga validator yaitu dua validator ahli media dan satu validator ahli materi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki interpretasi sangat layak dengan rata-rata hasil persentase dari semua validator sebesar 88%. Berdasarkan hasil analisis ketiga validator tersebut, media pembelajaran “Georemi Nusantara” dalam bentuk APE Kartu Pasangan dinyatakan valid dan dapat diuji cobakan. 2. Efektif, ditunjukkan dari persentase hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 83,33% dan persentase respon positif siswa yaitu 80%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar dan respon positif siswa menunjukkan media pembelajaran “Georemi Nusantara” dalam bentuk APE Kartu Pasangan yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kualitas media yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran “Georemi Nusantara” dalam bentuk APE Kartu Pasangan dangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V semester 1 dan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini yaitu bagi siswa dapat dijadikan sebagai pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan, bagi guru dapat dijadikan sebagai salah satu sarana penyalur materi pembelajaran dalam bentuk media pembelajaran dan sebagai salah satu contoh untuk memanfaatkan media yang bersifat inovatif, bagi lembaga dapat dijadikan bahan pertimbangan kualitas pendidik dan peserta didik, bagi peneliti lain dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya yang lebih kreatif dan inovatif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia pembelajaranen_US
dc.subjectGeoremi nusantaraen_US
dc.subjectTema Ekosistemen_US
dc.subjectKomponen ekosistemen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran “Georemi Nusantara” pada Tema Ekosistem Subtema Komponen Ekosistem untuk Siswa Kelas V SDN Patrang 01 Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record