Show simple item record

dc.contributor.advisorNARULITA, Erlia
dc.contributor.authorMUKARRAMAH, Luluk
dc.date.accessioned2019-05-10T06:31:51Z
dc.date.available2019-05-10T06:31:51Z
dc.date.issued2019-05-10
dc.identifier.nimNIM140210103021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90844
dc.description.abstractPentingnya ilmu genetika dalam kehidupan manusia mengharuskan siswa untuk dapat mempelajari ilmu genetika dengan baik. Kemajuan dalam masyarakat seperti dalam proses forensik, kesehatan, pertanian, dan konservasi menjadikan genetika sebagai disiplin ilmu yang perlu diketahui. Namun berkebalikan dari hal tersebut, banyak siswa hingga saat ini masih beranggapan bahwa pembelajaran genetika di dalam kelas sangat sulit. Telah banyak penelitian yang membahas mengenai kesulitan dalam mempelajari ilmu genetika. Hampir 30 tahun para peneliti meneliti kesulitan dalam mempelajari ilmu genetika. Kebanyakan mengatakan bahwa kesulitan yang dialami karena konsep genetika dianggap terlalu abstrak, detailnya terlalu rumit, dan bahannya tidak dapat dilihat langsung di alam. Konsep yang abstrak pada genetika kemudian banyak memberikan pemahaman yang rumit bagi siswa. Untuk mempermudah dalam pembelajaran ilmu genetika, diperlukan suatu bahan ajar yang dapat merepresentasikan konsep genetika yang rumit dan abstrak. Salah satunya dengan mengembangkan buku siswa sesuai dengan karakteristik siswa generasi Z dan karakter pembelajaran genetika khususnya pada bab substansi genetik kelas 12 SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku siswa dengan fitur Augmented Reality. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Pengembangan buku dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Uji coba produk dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMA Muhammadiyah 3 Jember dan MAN 1 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 hingga Agustus 2018. Pengembangan buku dilakukan dengan penambahan aplikasi Augmented Reality yaitu suatu aplikasi yang mengombinasikan dunia virtual yang terdapat pada komputer dengan dunia nyata. Sehingga materi abstrak dapat divisualisasikan dengan lebih nyata untuk membantu pemahaman siswa. Pengembangan buku dilakukan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate) oleh Thiagarajan (1974). Terdapat beberapa uji untuk menentukan kualitas buku yang dikembangkan yaitu uji validitas oleh para ahli, uji respon siswa (keterbacaan dan kepraktisan) dan uji efektivitas. Hasil dari pengembangan buku menunjukkan bahwa kualitas buku tergolong baik dengan nilai validitas oleh para ahli yakni 89,92%, keterbacaan sebesar 86,48%, kepraktisan sebesar 85,71%, dan nilai N-Gain dari dua sekolah sebesar 0,802 dan 0,705 dengan kategori tinggi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210103021;
dc.subjectBuku Siswaen_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.titlePengembangan Buku Siswa Dengan Fitur Augmented Reality pada Bab Substansi Genetik Kelas XII IPA SMA dan yang sederajaten_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record