• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Buku Siswa Dengan Fitur Augmented Reality pada Bab Substansi Genetik Kelas XII IPA SMA dan yang sederajat

    Thumbnail
    View/Open
    Luluk Mukarramah-140210103021.pdf (329.3Kb)
    Date
    2019-05-10
    Author
    MUKARRAMAH, Luluk
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pentingnya ilmu genetika dalam kehidupan manusia mengharuskan siswa untuk dapat mempelajari ilmu genetika dengan baik. Kemajuan dalam masyarakat seperti dalam proses forensik, kesehatan, pertanian, dan konservasi menjadikan genetika sebagai disiplin ilmu yang perlu diketahui. Namun berkebalikan dari hal tersebut, banyak siswa hingga saat ini masih beranggapan bahwa pembelajaran genetika di dalam kelas sangat sulit. Telah banyak penelitian yang membahas mengenai kesulitan dalam mempelajari ilmu genetika. Hampir 30 tahun para peneliti meneliti kesulitan dalam mempelajari ilmu genetika. Kebanyakan mengatakan bahwa kesulitan yang dialami karena konsep genetika dianggap terlalu abstrak, detailnya terlalu rumit, dan bahannya tidak dapat dilihat langsung di alam. Konsep yang abstrak pada genetika kemudian banyak memberikan pemahaman yang rumit bagi siswa. Untuk mempermudah dalam pembelajaran ilmu genetika, diperlukan suatu bahan ajar yang dapat merepresentasikan konsep genetika yang rumit dan abstrak. Salah satunya dengan mengembangkan buku siswa sesuai dengan karakteristik siswa generasi Z dan karakter pembelajaran genetika khususnya pada bab substansi genetik kelas 12 SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku siswa dengan fitur Augmented Reality. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development). Pengembangan buku dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Uji coba produk dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMA Muhammadiyah 3 Jember dan MAN 1 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 hingga Agustus 2018. Pengembangan buku dilakukan dengan penambahan aplikasi Augmented Reality yaitu suatu aplikasi yang mengombinasikan dunia virtual yang terdapat pada komputer dengan dunia nyata. Sehingga materi abstrak dapat divisualisasikan dengan lebih nyata untuk membantu pemahaman siswa. Pengembangan buku dilakukan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate) oleh Thiagarajan (1974). Terdapat beberapa uji untuk menentukan kualitas buku yang dikembangkan yaitu uji validitas oleh para ahli, uji respon siswa (keterbacaan dan kepraktisan) dan uji efektivitas. Hasil dari pengembangan buku menunjukkan bahwa kualitas buku tergolong baik dengan nilai validitas oleh para ahli yakni 89,92%, keterbacaan sebesar 86,48%, kepraktisan sebesar 85,71%, dan nilai N-Gain dari dua sekolah sebesar 0,802 dan 0,705 dengan kategori tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90844
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3447]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository